Follow Us

iPhone XS Max dan iPhone XR yang Masuk Indonesia Bukan Tipe Dual Nano SIM

Bagus Hernawan - Jumat, 07 Desember 2018 | 13:09
iPhone XS Max dan iPhone XR yang Masuk Indonesia Bukan Tipe Dual Nano SIM

Untuk pertama kalinya, Apple menjual iPhone dengan tipe Dual SIM di tahun 2018. Yaitu untuk iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. Teknologi yang digunakan adalah eSIM (embedded) dan Nano SIM.

Saat ini eSIM hanya dapat digunakan di beberapa negara yang mendukung, daftarnya dapat kamu intip di artikel MakeMac sebelumnya.

Sebuah pengecualian diberikan untuk produk iPhone XS Max dan iPhone XR yang dijual di Tiongkok, Makau dan Hong Kong yaitu tipe Dual SIM dengan format Nano SIM + Nano SIM atau akrab disebut Dual Nano SIM.

Dalam waktu dekat, trio iPhone 2018 ini akan dijual di Indonesia, tepatnya tanggal 14 Desember 2018. Pasti kamu penasaran, apakah iPhone XS Max dan iPhone XR yang dijual resmi di Indonesia akan menggunakan Dual Nano SIM? Sayangnya tidak.

Dihimpun dari beberapa sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, kabarnya iPhone XS Max dan iPhone XR yang masuk di Indonesia akan menggunakan tipe eSIM + Nano SIM.

Baca Juga:

Hingga saat ini belum ada operator di Indonesia yang mendukung teknologi eSIM. Karena hal tersebut, produk iPhone XS Max dan iPhone XR yang nantinya bisa dibeli mulai 14 Desember di Indonesia, hanya bisa dijalankan dengan Nano SIM saja, seperti perangkat iPhone X dan generasi sebelumnya.

Apple memang hanya menjual iPhone XS Max dan iPhone XR tipe Dual Nano SIM di pasaran Tiongkok, Makau dan Hong Kong karena permintaan pasar yang tinggi untuk ponsel Dual SIM. Namun ketiga wilayah tersebut kabarnya tidak akan mendukung teknologi eSIM karena beberapa alasan khusus.

Meskipun hanya dijual di 3 negara tersebut, pembeli iPhone dengan tipe Dual Nano SIM tetap dapat menggunakan fitur ini saat dibawa keluar negeri – Indonesia misalnya.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest