Follow Us

(Video) Merakit Sendiri iPhone X dari Suku Cadang di Pasar Tiongkok, Murah!

Bagus Hernawan - Selasa, 15 Januari 2019 | 11:35
(Video) Merakit Sendiri iPhone X dari Suku Cadang di Pasar Tiongkok, Murah!

Designed by Apple in California, Assembled in china. Kata-kata ini pasti pernah kamu temukan di kemasan produk Apple baik perangkat iPhone atau komputer Mac.

Ya, Tiongkok adalah negara besar yang dipilih untuk Apple untuk memproduksi perangkat mereka, salah satunya iPhone. Karena hal tersebut, penyebaran suku cadang asli atau palsu, bahkan iPhone bekas di pasar eletronik Tiongkok mudah sekali ditemukan.

Hal ini dibuktikan oleh YouTubers Nikolay Tanev. Pria ini membeli sejumlah suku cadang untuk iPhone X dan merakitnya menjadi sebuah ponsel yang siap digunakan.

Dalam video yang dibagikan, Nikolay menguraikan secara lengkap harga dan suku cadang yang dibeli untuk membuat iPhone X.

Mulai dari Logicboard dan perangkat Face ID ($280), Backpanel lengkap ($100), layar OLED iPhone X ($130), baterai ($11), dan beberapa perangkat pendukung lainnya.

Baca Juga: (Video) Tukang Oprek ini Menambahkan Wireless Charging ke iPhone 7

Beberapa produk ini ada dalam kondisi yang masih sangat bagus. Bahkan beberapa diantaranya adalah suku cadang yang masih baru, seperti baterai dan sekrup pendukung serta seal tahan air.

Setelah semuanya lengkap, Nikolay membawa iPhone terebut ke teknisi independen yang punya alat lengkap untuk merakit iPhone. Prosesnya hanya 30 menit mulai dari perakitan hingga pengecekan akhir.

Secara total, Nikolay hanya menghabiskan $500 untuk membeli dan merakit iPhone X, lengkap dengan box dan aksesoris yang diperlukan. Harga yang sangat jauh lebih murah dibandingkan produk iPhone X yang pada masa rilis dijual dengan banderol $999.

Bagaimana pendapat kamu mengenai kegiatan Nikolay membeli suku cadang iPhone X dan merakitnya? Tertarik melakukan hal yang sama jika punya kesempatan pergi ke Tiongkok?

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest