Follow Us

Disebut Curang, Aplikasi Apple Mendominasi Hasil Pencarian App Store

Bagus Hernawan - Rabu, 24 Juli 2019 | 10:48
Disebut Curang, Aplikasi Apple Mendominasi Hasil Pencarian App Store

The Wall Street Journal telah melakukan beberapa percobaan mengenai hasil pencarian aplikasi di App Store.

Menurut mereka, aplikasi milik Apple selalu tampil di bagian paling atas dibandingkan pengembang pihak ketiga dengan kategori aplikasi yang sama.

Hal ini disinyalir sebagai kecurangan yang dilakukan Apple dan dapat merugikan para pengembang pihak ketiga.

Dikutip dari MacRumors, WSJ melakukan beberapa percobaan kata kunci pencarian seperti “maps”, “tv”, “movies” dan “videos”.

Hasilnya adalah aplikasi Apple cenderung selalu tampil di bagian paling atas.

Hal ini diklarifikasi oleh Apple dalam sebuah penjelasan singkat.

Menurut Apple, fitur pencarian di App Store menggunakan algoritma dan machine learning yang mempelajari kebiasaan pengguna.

Hasil pengujian WSJ yang menampilkan aplikasi Apple di bagian paling atas, dapat terjadi karena popularitas dari aplikasi bawaan Apple dan kebiasaan penggunaan.

Apple juga menambahkan bahwa setiap aplikasi di App Store punya algoritma yang sama.

“Apple customers have a very strong connection to our products and many of them use search as a way to find and open their apps,” Apple said in a statement. “This customer usage is the reason Apple has strong rankings in search, and it’s the same reason Uber, Microsoft and so many others often have high rankings as well.”

Baca Juga: 10 Tahun App Store, Apple Rilis Game Legendaris Texas Hold’em

Secara total, ada 42 faktor yang digunakan untuk menentukan rangking sebuah aplikasi di bagian pencarian.

Beberapa diantaranya adalah jumlah download, rating, relevansi dan kebiasaan pengguna.

Kebiasaan pengguna yang termasuk adalah berapa banyak pengguna yang langsung memilih aplikasi tersebut dan langsung download setelah melakukan pencarian.

Di sisi lain, beberapa aplikasi buatan Apple memang tidak punya fitur standar yang ada di aplikasi pihak ketiga.

Seperti rating dan review, bisa saja hal ini berpengaruh terhadap hasil pencarian yang dijelaskan di atas.

WSJ juga merangkum data bahwa sejak beberapa bulan ini, layanan AudioBooks.com tidak mendapatkan hasil pencarian paling tinggi seperti 2 tahun sebelumnya.

Hal ini terjadi sejak Apple mengenalkan Apple Books terbaru dalam bulan September 2018.

Terjadi penurunan jumlah download untuk aplikasi AudioBooks.com sebesar 25% untuk setiap harinya.

Bagaimana pendapat kamu jika Apple disebut main curang dalam kata kunci pencarian aplikasi di App Store? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest