Follow Us

Cara Mengecek Aplikasi 32-bit, Lakukan Sebelum Update macOS Catalina

Bagus Hernawan - Jumat, 26 Juli 2019 | 17:00
macOS Catalina

macOS Catalina

Apple telah mengumumkan pada WWDC 2018 bahwa macOS Mojave akan menjadi sistem operasi macOS terakhir yang mendukung aplikasi dengan arsitektur 32-bit.

Itu artinya, nanti di maOS Catalina hanya aplikasi dengan arsitektur 64-bit saja yang dapat digunakan.

Semua aplikasi yang masih menggunakan arsitektur 32-bit tidak dapat digunakan lagi setelah kamu mengunduh dan instal macOS Catalina.

Bagaimana cara melihat daftar aplikasi di komputer Mac yang kamu gunakan dan masih berjalan dengan arsitektur 32-bit? Berikut ini panduannya dari The Verge.

Cara Melihat Daftar Aplikasi 32-bit di Mac

  1. Akses logo Apple di Menu Bar. Pilih About This Mac.
  2. Pada jendela yang tampil, tekan tombol System Report.
  3. Setelah itu akan tampil jendela baru bernama System Information. Di bagian Sidebar, scroll hingga kamu menemukan list Software - Application.
  4. Pilih list Application dan scroll horisontal ke sisi kanan untuk menemukan tabel 64-Bit. Tekan untuk mengurutkan tabel berdasarkan konten tersebut.
Selesai, sekarang kamu bisa melihat daftar aplikasi yang masih menggunakan arsitektur 32-bit yaitu dengan keterangan No.

Cara melihat aplikasi 32-bit di Mac

Cara melihat aplikasi 32-bit di Mac

Beralih ke Aplikasi 64-bit

Bagaimana jika kamu masih sering menggunakan aplikasi tersebut (masih 32-bit) namun juga ingin menggunakan macOS Catalina?

Pertama, coba buka aplikasi tersebut dan lakukan update. Bisa update lewat Mac App Store jika memang diunduh dari sana atau lewat layanan pihak ketiga milik pengembang aplikasi.

Jika pengembang aplikasi tersebut sudah tidak menyediakan update, kamu harus mulai berpikir untuk mencari aplikasi pengganti yang sudah mendukung arsitektur 64-bit sebelum mengunduh macOS Catalina.

Update macOS Catalina, iOS 13, iPadOS, tvOS 13 dan watchOS 6 akan rilis dalam waktu dekat di akhir tahun 2019. Sudah tidak sabar untuk mengunduh update tersebut? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest