Follow Us

Perubahan Aturan di App Store: Push Notification Hingga Sign in With Apple

Bagus Hernawan - Kamis, 05 Maret 2020 | 15:02
iPadOS

iPadOS

Apple telah memberikan pembaruan untuk App Store Guidelines.

Bagi kamu yang belum tahu, App Store Guidelines adalah daftar aturan yang harus dipahami oleh pengembang aplikasi pihak ketiga.

Aturan dasar ini digunakan untuk menjamin kualitas aplikasi yang ada di App Store sesuai dengan panduan dari Apple.

Dalam catatan di web Apple Developer, App Store Guidelines yang diperbarui meliputi beragam topik.

Mulai dari Push Notificationds, Sign in With Apple SDK iOS 13, spam dan lain sebagainya.

The changes impact replies to reviews, spam, push notifications, Sign in with Apple, data collection and storage, mobile device management, and more.

Baca Juga: Apple Tampilkan Katalog Aplikasi Buatan Indonesia di App Store

Dikutip dari MacRumors, berikut ini daftar pembaruan App Store Guidelines yang wajib kamu tahu:

  • Aplikasi yang digunakan untuk melakukan atau berupaya melakukan kejahatan dalam bentuk apapun dengan membantu pengguna menghindari penegakan hukum, akan ditolak oleh App Store.
  • Apple menambahkan jenis konten baru ke daftar kategori aplikasi “Spam” yang dianggap sudah jenuh. Aplikasi “Fortune telling” dan “dating” dan konten berkualitas rendah lainnya (“fart”, “flashlight”) serta Kama Sutra, secara otomatis akan ditolak dari App Store. Kecuali jika aplikasi jenis ini memiliki tipe yang unik dan berkualitas tinggi.
  • Fitur Push Notification punya pembaruan aturan dengan penjelasan sebagai berikut: “tidak boleh digunakan untuk promosi atau tujuan pemasaran langsung kecuali pelanggan secara eksplisit memilih untuk menerimanya melalui bahasa persetujuan ditampilkan di antarmuka aplikasi”. Pengembang aplikasi juga wajib menyediakan metode di dalam aplikasi jika pengguna tidak ingin mendapatkan pesan pemberitahuan tersebut di lain waktu.
  • Aplikasi yang memerlukan regulasi khusus seperti layanan perbankan dan keuangan, layanan kesehatan, dan perjalanan udara atau yang membutuhkan informasi pengguna yang sensitif, harus diajukan oleh badan hukum yang menyediakan layanan dan bukan oleh pengembang individu.
  • Pengembang aplikasi diperbolehkan membuat API berbasis lokasi untuk memberikan layanan darurat. Namun dengan syarat utama bahwa pengguna mendapatkan pemberitahuan secara eksplisit mengenai penggunaan API tersebut.
  • Pengembang aplikasi diharuskan membalas ulasan atau review dari di App Store dengan hormat dan fokus pada respon pengalaman pengguna.
Masih ada beberapa catatan lain lagi dari App Store Guidelines yang diperbarui oleh Apple.

Mulai dari kebijakan MDM app, penggunaan Sign in With Apple dan juga kewajiban untuk mendaftarkan aplikasi baru dengan SDK iOS 13 mulai 30 April 2020.

Kamu bisa melihat daftar lengkap App Store Guidelines di halaman berikut ini.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular