Follow Us

Puluhan Aplikasi di iOS Mengalami Crash Akibat Facebook SDK Bermasalah

Bagus Hernawan - Jumat, 10 Juli 2020 | 19:05
iPhone 11 Pro
MakeMac

iPhone 11 Pro

Jumat sore (10/7), puluhan Sahabat MakeMac meramaikan sosial media Twitter dan Instagram dengan keluhan beragam aplikasi mereka tidak dapat dibuka di perangkat iPhone dan iPad.

Mulai dari Spotify, Tokopedia, TikTok, Shopee, dan beragam lainnya mengalami kendala berupa tidak bisa dibuka alias crash.

Beragam cara telah dilakukan mulai dari Restart perangkat hingga instal ulang aplikasi yang bermasalah. Namun kendala aplikasi crash atau tidak dapat dibuka, masih terus terjadi.

Dari penelurusan tim MakeMac, puluhan aplikasi yang tidak dapat dibuka sejak Jumat sore tadi disebabkan oleh Facebook SDK (Software Developement Kit) yang error.

Sehingga beragam aplikasi yang menggunakan Facebook SDK, ikut mengalami masalah alias crash.

Laporan ini pertama kali ditemukan pada sebuah laman GitHub milik Facebook.

Sebagai tambahan, hal ini menimpa semua pengguna dengan aplikasi yang sama. Maksudnya adalah masalah ini tidak hanya terjadi pada kamu yang menggunakan fitur login dengan Facebook di beragam aplikasi pihak ketiga seperti Tokopedia, Spotify dan lain sebagainya.

Jika dicek pada laman Facebook Developer, kabarnya tim Facebook telah mengetahui masalah tersebut. Mereka sedang berusaha untuk segera membereskan error ini sehingga masalah dapat segera diatasi.

Saat ini Sahabat MakeMac yang mengalami kendala aplikasi crash karena Facebook SDK, hanya dapat menunggu hingga perbaikan diselesaikan.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan aplikasi yang crash tersebut dalam mode Airplane Mode. Contohnya adalah Spotify untuk memutar daftar musik yang sudah diunduh.

Namun untuk aplikasi yang memerlukan koneksi internet seperti aplikasi belanja online dan lain sebagainya, untuk saat ini tidak ada solusi lain selain menunggu perbaikan dibagikan.

Editor : MakeMac

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular