Follow Us

Instagram Mendukung Unggah Format Foto ProRAW dari iPhone 12 Pro

Bagus Hernawan - Senin, 21 Desember 2020 | 09:00
ProRAW di iPhone 12 Pro
Apple

ProRAW di iPhone 12 Pro

Instagram telah merilis update untuk aplikasinya di perangkat iOS. Update ini diberikan untuk mendukung mode foto ProRAW yang diberikan Apple untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Dalam catatan yang dibagikan oleh salah satu tim Instagram, dukungan unggah format ProRAW dari iPhone 12 Pro atau iPhone 12 Pro Max sudah diberikan sejak akhir pekan lalu.

Baca Juga: iOS 14.3 Rilis: Mendukung Airpods Max, Fitness+ dan Apple ProRAW iPhone 12 Pro

Tim Johnsen selaku bagian dari pengembangan Instagram for iOS juga menjelaskan bahwa format foto ProRAW tidak bisa diedit menggunakan fitur editing bawaan Instagram.

Dia tidak menjelaskan apakah dalam waktu yang akan datang Instagram akan menambah dukungan mode edit untuk ProRAW.

Apakah kamu belum mengenal ProRAW? Fitur ini resmi dirilis Apple pada update iOS 14.3 dan hanya tersedia untuk iPhone 12 Pro series.

ProRAW adalah format gambar RAW yang mendukung fitur image processing di iPhone. Sehingga gambar mentah (RAW) yang dihasilkan punya informasi warna yang lebih lengkap daripada gambar JPG, namun juga mendukung beragam image processing seperti Smart HDR, Deep Fusion atau Night mode.

Gambar yang diambil dengan mode ProRAW menggunakan format .DNG dan punya ukuran cukup besar yaitu mulai dari 25MB.

Untuk mengaktifkan fitur ProRAW di iPhone 12 Pro, silakan masuk ke bagian Settings > Camera > Formats > Apple ProRAW > ON.

Untuk membagikan hasil jepretan dengan format ProRAW, kamu bisa menggunakan fitur iCloud Photos, AirDrop, transfer ke Mac menggunakan Image Capture, dan lain sebagainya. Panduan lengkap untuk ProRAW bisa kamu akses di laman Apple Support berikut ini.

Editor : Bagus Hernawan

Latest