Follow Us

(Rumor) MacBook dan iPad Gunakan Layar OLED di Tahun 2022

Bagus Hernawan - Jumat, 05 Maret 2021 | 15:00
iPad Pro 2020
Apple

iPad Pro 2020

Rumor terbaru menjelaskan bahwa Apple akan merilis komputer Mac dan iPad dengan layar OLED.

Dari catatan yang dibagikan DigiTimes (via Gizmo China), Apple akan mengusung teknologi OLED di Mac dan iPad pada tahun 2022.

Sebelumnya Apple sudah menggunakan panel layar OLED di iPhone X yaitu sejak tahun 2017. Dilanjutkan dengan iPhone XS, iPhone 11 Pro dan iPhone 12 series.

Namun dari rumor lainnya, analis Barclays menjelaskan bahwa Apple akan menggunakan teknologi Mini LED di layar iPad untuk tahun 2021. Bisa saja ini merupakan batu loncatan atau persiapan awal dari adopsi layar OLED untuk iPad dan Mac pada tahun berikutnya.

Now, a new report has surfaced online which indicates that at least one iPad model getting launched next year, i.e. in 2022, will be featuring an OLED panel. This is in line with the previous reports which suggest the Mini-LED will be a stepping stone for the OLED panels.

Baca Juga: (Rumor) MacBook Pro 2021 Dilengkapi Mini-LED Backlit Display

Layar OLED selama ini belum digunakan oleh Apple pada perangkat dengan ukuran besar karena harga biaya produksi yang jauh lebih tinggi dari layar LCD.

Jika Apple beralih ke layar OLED untuk komputer Mac, bisa saja harga jual yang diberikan akan jauh lebih mahal dibandingkan saat ini.

Sebagai pembanding, TV dengan layar OLED punya harga beberapa kali lipat lebih mahal dibandingkan TV dengan layar LCD biasa.

OLED punya kelebihan berupa kontras dan kecerahan layar lebih tajam berkat tampilan warna hitam yang pekat. Hal ini bisa terjadi karena setiap pixel warna hitam tidak akan menggunakan daya listrik alias bisa lebih hemat baterai.

Bagaimana pendapat kamu mengenai rumor teknologi OLED yang akan digunakan pada Mac dan iPad? Bagikan di kolom komentar atau Twitter @makemac ya.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest