Follow Us

Parallels Desktop 16.5 Mendukung Apple M1, Performa Windows Lebih Ngebut

Bagus Hernawan - Jumat, 16 April 2021 | 11:30
Parallels Desktop
Parallels

Parallels Desktop

Parallels Desktop, aplikasi untuk menjalankan sistem operasi Windows secara virtual akhirnya mendapatkan update yang ditunggu oleh para pengguna Apple M1.

Dalam versi terbarunya yaitu Parallels Desktop 16.5 for Mac, aplikasi ini sudah mendukung Apple Silicon secara native dan juga Mac Intel.

Dengan menambahkan dukungan ke Apple Silicon secara native, pengguna MacBook Pro, Mac mini atau MacBook Air dengan CPU Apple M1 dapat menjalankan Windows 10 ARM Insider Preview dengan performa yang lebih maksimal via virtualisasi.

Dalam catatan yang dibagikan, Parallels Desktop 16.5 di Apple M1 punya data statistik yang menunjukkan peningkatan performa dan lebih hemat baterai dibandingkan Mac Intel.

Berikut ini catatan lengkapnya:

  • Hingga 250 persen lebih sedikit energi yang digunakan: Pada Mac dengan chip Apple M1, Parallels Desktop 16.5 menggunakan energi 2,5 kali lebih sedikit daripada pada komputer MacBook Air berbasis Intel 2020.
  • Performa DirectX 11 hingga 60 persen lebih baik: Parallels Desktop 16.5 yang berjalan di Mac M1 menghadirkan performa DirectX 11 hingga 60 persen lebih baik daripada di MacBook Pro berbasis Intel dengan Radeon Pro 555X GPU.
  • Performa mesin virtual (Windows) hingga 30 persen lebih baik: Menjalankan mesin virtual (VM) Windows 10 pada ARM Insider Preview di Parallels Desktop 16.5 pada Mac M1 berkinerja hingga 30 persen lebih baik daripada VM Windows 10 yang berjalan pada berbasis Intel MacBook Pro dengan prosesor Intel Core i9
Baca Juga: Meskipun Rumit, Upgrade SSD dan RAM Di Mac M1 Ternyata Bisa Dilakukan

Sebagai tambahan, Parallels Desktop 16.5 for Mac di Apple M1 juga mendukung beberapa tipe sistem operasi Linux. Daftarnya adalah Ubuntu 20.04, Kali Linux 2021.1, Debian 10.7 dan Fedora Workstation 33–1.2.

Beberapa fitur terbaik dari Parallels Desktop juga kini sudah dapat digunakan oleh penggguna Apple M1.

Diantaranya adalah Coherence Mode, Shared Profile, kendali Touch Bar, pengaturan Keyboard dan dalam waktu dekat akan mendukung Virtual Machine dengan macOS Big Sur.

Update Parallels Desktop 16.5 for Mac dapat diunduh gratis jika kamu sudah berlangganan Parallels Desktop 16 sebelumnya.

Jika belum, kamu bisa mulai berlangganan Parallels Desktop dengan biaya mulai dari $99 setiap tahun.

Download Parallels Desktop

Editor : Bagus Hernawan

Latest