Follow Us

Apple Music: Spatial Audio Dolby Atmos dan Lossless Audio

Adham Somantrie - Selasa, 18 Mei 2021 | 14:29
Apple Music Dolby Atmos
Apple

Apple Music Dolby Atmos

Apple baru saja mengumumkan bahwa layanan Apple Music akan memberikan fitur Spatial Audio dengan teknologi Dolby Atmos dan juga musik dengan kualitas Lossless Audio. Keduanya akan tersedia bagi pengguna yang berlangganan Apple Music mulai Juni 2021 nanti, tanpa adanya tambahan biaya berlangganan.

Dengan adanya peningkatan kualitas audio ini, tentunya pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik lagi dalam menikmati konten yang dihadirkan dalam Apple Music. Tak hanya eksklusif untuk pengguna iPhone, iPad, ataupun Mac; pengguna iTunes di Windows dan juga Android dapat menikmati layanan Apple Music ini. Apple Music juga dapat diakses melalui web browser di music.apple.com.

Sebagai informasi, biaya berlangganan Apple Music di Indonesia saat ini adalah Rp. 49.000 per bulan untuk pengguna individu, dan Rp.75.000 per bulan untuk paket langganan keluarga hingga 5 orang.

Untuk pelajar, tersedia pula paket khusus seharga Rp.29.000 saja per bulannya.

Untuk pelanggan layanan Apple One, maka layanan Apple Music sudah termasuk di dalam Apple One.

Spatial Audio - Dolby Atmos

Teknologi spatial audio memberikan efek ruang tiga dimensi, sehingga pendengar dapat merasakan pengalaman yang lebih realistis dalam menikmati konten audio.

Misalnya saat mendengarkan rekaman konser musik, maka dengan spatial audio, pendengar dapat merasakan seolah-olah sedang hadir di konser tersebut. Untuk penikmat film di bioskop, tentunya sudah lebih akrab dengan bisikan perempuan “all around you” yang terdengar sebelum film dimulai.

Untuk menikmati pengalaman spatial audio ini, tentu saja ada banyak hal yang mesti dipersiapkan. Mulai dari konten dalam format yang mendukung spatial audio, hingga pengolah suara dan speaker atau headphone yang juga mendukung teknologi ini.

Apple mengklaim versi terbaru dari Mac, iPhone, dan iPad sudah mendukung teknologi ini. Sehingga Anda dapat menikmatinya dengan speaker yang ada pada perangkat tersebut.

Bagaimana jika ingin menggunakan headphone agar lebih “menjiwai”? Seluruh produk AirPods (termasuk AirPods Pro dan AirPods Max), serta headphone lain dengan chip W1 atau H1 seperti Beats telah mendukung fitur Spatial Audio with Dolby Atmos ini.

Baca Juga: Apple Music Dolby Atmos Kompatibel dengan Semua AirPods dan Headphone

Lossless Audio

Selain teknologi spatial audio, Apple juga akan menghadirkan musik dengan kualitas tinggi dengan kompresi Lossless Audio. Tentunya, Apple akan menggunakan formatnya sendiri yakni ALAC (Apple Lossless Audio Codec), bukan FLAC yang lebih umum.

Editor : Bagus Hernawan

Latest