Follow Us

Pemerintah Inggris Selidiki Bisnis Smartphone Apple, Apa Alasannya?

Gama Prabowo - Rabu, 16 Juni 2021 | 12:00
iPhone 12
Apple

iPhone 12

Dominasi Apple di industri smartphone global menimbulkan kecurigaan dari beberapa pihak, termasuk pemerintah Inggris.

Melansir dari 9to5Mac, Pengawas Kompetisi dan Otoritas Pasar Inggris mengumumkan penyelidikan resmi terhadap ekosistem bisnis smartphone Apple dan Google.

Kelompok pengawas ini mulai melakukan penyelidikan terhadap Apple dan Google sejak 15 Juni 2021.

Baca Juga: Apple Kirimkan Mac M1 Miring, Youtuber Ini Langsung Komplain!

Pengawas Kompetisi dan Otoritas Pasar Inggris pada dasarnya curiga terhadap dominasi Apple dan Google di industri teknologi baik itu hardware maupun software.

Kelompok pengawas ingin memastikan bahwa tak ada duopoli di ekosistem bisnis smartphone global oleh Apple dan Google.

Secara lebih khusus, kelompok pengawas ini akan menyelidiki dominasi iOS dan Android serta kontrol mereka terhadap App Store, Play Store, Safari dan Chrome.

Baca Juga: Dianggap Tidak Jelas, Gugatan Terhadap Dual Kamera iPhone Ditolak

Kelompok pengawas mengungkapkan bahwa penyelidikan ini penting untuk dilakukan demi keamanan dan keadilan dalam bisnis smartphone global.

Pengawas Kompetisi dan Otoritas Pasar Inggris mengungkapkan bahwa dominasi Apple dan Google mungkin telah membuat masyarakat mengalami kerugian dalam berbagai bidang.

Hardware, software, dan layanan yang diberikan Google dan Apple dirasa memiliki pengaruh yang terlampau jauh bagi kehidupan masyarakat.

Sebagai contoh, toko aplikasi seperti App Store dan Play Store digambarkan sebagai satu-satunya jalan bagi masyarakat untuk menikmati layanan digital seperti streaming musik, TV, Video, e-commerce dll.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest