Follow Us

Face ID di iPhone 13 Tidak Dapat Berfungsi Jika Layar Diganti

Bagus Hernawan - Senin, 27 September 2021 | 15:36
iPhone 13 Pro warna Sierra Blue
Apple

iPhone 13 Pro warna Sierra Blue

Perangkat iPhone 13 telah diterima oleh para pemesan yang melakukan pre-order sejak pekan lalu atau membeli langsung di Apple Store.

Dalam waktu yang cukup singkat, sejumlah teknisi dan Apple Fanboy telah melakukan teardown atau membongkar iPhone 13 series dan menemukan beragam hal menarik.

Salah satunya adalah kanal YouTube Phone Repair Guru yang membongkar layar iPhone 13 series dan mengungkap masalah penting yaitu di Face ID.

Menurut hasil temuan Phone Repair Guru, layar sebuah iPhone 13 Pro yang ditukar dengan iPhone 13 Pro lain akan menyebabkan fitur Face ID rusak atau tidak dapat digunakan.

Kanal YouTube ini juga mengungkap bahwa deretan kabel sensor di kamera depan tidak menyimpan data Face ID yang terhubung ke mesin.

Baca Juga: Inilah Hasil Uji Ketahanan Baterai iPhone 13 Series, Super Irit!

Dia mencoba menukar kabel berisi mikrofon, ambient light sensor dan proximity sensor dari iPhone 13 Pro pertama ke kedua, namun tidak dengan layarnya. Hasilnya adalah Face ID tetap berjalan dengan normal.

Namun saat layar yang ditukar, Face ID di kedua perangkat tersebut tidak dapat digunakan alias error.

Pesan peringatan layar iPhone 12 yang telah ditukar
Apple

Pesan peringatan layar iPhone 12 yang telah ditukar

Apple sebetulnya pernah memberikan catatan mengenai Face ID yang tidak dapat digunakan jika layar diganti.

Menurut Apple, layar iPhone harus diganti di Apple Store, Apple Authorized Service Providers atau Independent Repair Providers untuk mendapatkan aksesoris original dan menjamin fitur Face ID dan lainnya dapat berjalan secara normal.

Selain baterai, tahun lalu Apple juga mengunci hardware kamera di iPhone 12 series yang tidak dapat ditukar dan akan memberikan pesan peringatan bahwa bagian kamera bukan original.

Editor : Bagus Hernawan

Latest