Follow Us

Apple Silicon Rilis Versi Baru Setiap 18 Bulan, Berbeda dengan iPhone

Bagus Hernawan - Senin, 20 Desember 2021 | 20:43
MacBook Pro 14 dan 16 inci dengan chipset Apple Silicon M1 Pro dan M1 Max
Apple

MacBook Pro 14 dan 16 inci dengan chipset Apple Silicon M1 Pro dan M1 Max

Apple diprediksi akan menggunakan pola berbeda untuk peluncuran komputer Mac dengan Apple Silicon jika dibandingkan dengan perangkat iPhone.

Seperti yang kamu tahu, perangkat iPhone dan Apple Watch versi paling baru akan hadir setiap setahun sekali.

Dikutip dari MacRumors (via Commercial Times Taiwan), kabarnya Apple akan menggunakan pola 18 bulan sekali untuk jarak antar Apple Silicon lama dan penerusnya.

Dengan siklus 18 bulan sekali ini, berarti kemungkinaan generasi penerus Apple M1 alias Apple M2 akan hadir pada paruh kedua tahun 2022. Mengingat Apple M1 dikenalkan Apple pada November tahun 2020 lalu.

Sedangkan untuk M1 Pro dan M1 Max yang baru meluncur akhir tahun 2021 lalu, diprediksi akan mendapatkan generasi penerus pada awal tahun 2023 mendatang.

According to sources in the supply chain industry, Apple Silicon will be updated every 18 months in the future. In the second half of 2022, Apple will first launch the M2 processor code-named Staten, and in the first half of 2023, it will launch the new M2X processor architecture code-named Rhodes, and release two processors such as M2 Pro and M2 Max according to the different graphics cores. Apple’s M2 series processors all use the 4-nanometer process, and will be updated to the M3 series processors after an 18-month cycle. It is expected that they will be mass-produced using TSMC’s 3-nanometer process.

Baca Juga: Apple Diprediksi Akan Jual Monitor Eksternal Baru untuk Komputer Mac

Sesuai dengan kutipan di atas, Apple diprediksi akan meluncurkan CPU Apple M2 dengan kode nama Staten.

Lalu pada awal tahun 2023, penerus M1 Pro dan M1 Max akan diluncurkan dengan kode nama Rhodes.

Untuk Apple M2 rumornya digarap menggunakan fabrikasi 4 nanometer, lalu pada penerusnya M3 akan diubah menjadi 3 nanometer.

Sebelum menggunakan Apple Silicon, perilisan komputer Mac generasi baru selalu tergantung dengan inovasi Intel untuk menciptakan CPU baru.

Sekarang setelah Apple mulai menggunakan CPU yang didesain sendiri, pola upgrade dan inovasi yang diberikan dapat dipegang seutuhnya oleh Apple. Yaitu misalkan dengan jangka waktu setiap 18 bulan sekali seperti rumor di atas.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular