Follow Us

Insinyur Chip Apple M1 Hengkang, Pindah ke Perusahaan Intel

Bagus Hernawan - Jumat, 07 Januari 2022 | 16:57
Apple Silicon M1, M1 Pro, M1 Max
Apple

Apple Silicon M1, M1 Pro, M1 Max

Apple pekan ini kehilangan salah satu insinyur hardaware andalannya bernama Jeff Wilcox.

Pria yang sudah bekerja selama 8 tahun di Apple ini resmi hengkan dari jabatannya sebagai Director of Mac System Architecture.

Wilcox sebelumnya menjadi salah satu insinyur utama yang mengerjakan beragam chip di produk Apple, salah satu yang terbaru adalah Apple Silicon yang membawa Apple berpindah dari CPU Intel ke M1.

Sebelumnya Wilcox juga termasuk insinyur penting yang mengerjakan chip keamanab Apple T2 untuk komputer Mac generasi Intel mulai tahun 2018.

Dikutip dari MacRumors, Jeff Wilcox kini bekerja untuk Intel dengan jabatan Design Engineering Group CTO.

After an amazing eight years I have decided to leave Apple and pursue another opportunity. It has been an incredible ride and I could not be prouder of all we accomplished during my time there, culminating in the Apple Silicon transition with the M1, M1 Pro and M1 Max SOCs and systems. I will dearly miss all of my Apple colleagues and friends, but I am looking forward to the next journey which will start at the first of the year.

Baca Juga: Selamat Tinggal Intel, Apple Silicon Akan Tersemat di Semua Mac Tahun ini

Dia akan bertanggung jawab atas arsitektur semua SoC (System on Chip) untuk semua segmen klien Intel. Sebelum bekerja untuk Apple, Wilcox berada bekerja di Intel dan menjabat sebagai insinyur utama pada chipset PC.

Kembali ke Apple, pimpinan utama dari tim pengembangan CPU buatan Apple dipegang oleh Johny Srouji.

Belum ada kabar terbaru setelah perginya Jeff Wilcox, apakah Johny Srouji akan menambahka anggota tim baru untuk pengerjaan Apple Silicon di masa yang akan datang atau keputusan lainnya.

Apple sebelumnya pada tahun 2020 telah mengumumkan bahwa proses transisi dari CPU Intel ke Apple Silicon akan berjalan selama 2 tahun.

Sekarang mendekati waktu 2 tahun tersebut, Intel kabarnya akan menggunakn teknologi SoC yang juga digunakan Apple bahkan dengan cara merekrut insinyur dari perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini.

Editor : Bagus Hernawan

Latest