Follow Us

Finder Spring-loaded

Kuswanto - Sabtu, 05 Juli 2008 | 18:40
Finder Spring-loaded

Finder adalah nama aplikasi managemen berkas bawaan Mac. Sebagai pengguna Mac, sehari-hari kita pasti berurusan dengan Finder. Baik itu hanya memindahkan berkas, membuang berkas atau sampai dengan hal-hal rumit seperti merubah file konfigurasi yang ada di dalam system. Selama beberapa tulisan kedepan saya akan membahas fitur-fitur Finder, ini adalah tulisan pertama mengenai Finder.Pada awalnya saya ingin membahas tuntas dari ujung toolbar sampai ujung status bar Finder. Tapi, setelah melihat mind-map yang saya buat mengenai Finder, bisa-bisa tulisan mengenai Finder akan sangatlah panjaaang… Jadi akhirnya saya putuskan untuk memecah ke dalam beberapa tulisan.

Finder tidak suka Cut

Bagi yang baru saja berpindah ke Mac atau sedang mencoba Mac OS X, salah satu fitur yang dirindukan adalah cut. Dalam hal memindahkan berkas Mac tidak mendukung fitur cut, yang ada di Mac adalah fitur drag-n-drop yang canggih. Bagi Mac OS X, cut merupakan suatu fitur yang tidak masuk akal, bayangkan Anda ingin memindahkan sebuah berkas invoice ke dalam folder lain, tapi yang Anda lakukan adalah memotongnya terlebih dahulu kemudian memindahkannya, apa yang terjadi? Yah, pastinya berkas tersebut akan terpotong.

Tapi, Finder mempunyai fitur ini.

Fitur Spring-loaded

Apabila Anda meninjau Finder Preferences. Tekan ⌘ + , atau bisa diakses melalui Menu Finder > Preferences…. Anda akan menemukan sebuah fitur Spring-Loaded folders and Windows. Di sini Anda bisa menentukan berapa lama Finder menunggu untuk mengeluarkan Spring-Loaded. Anda juga bisa menekan tombol spasi untuk mengaktifkan Spring-loaded tanpa harus menunggu beberapa detik.

Pengaturan Spring-loaded Preference Finder

Bagi kita orang Indonesia, Bahasa Inggris ini agak aneh, apa sih Spring-loaded?

Spring-loaded adalah sebuah fitur drag-n-drop di Finder, tanpa harus membuka banyak jendela Finder. Kita bisa menyalin berkas, memindahkannya hanya dengan menekan klik kiri dan tahan kemudian menariknya ke folder atau volume yang kita inginkan. Silahkan simak video di bawah ini untuk meliat aksi Spring-loaded.

Fitur Spring-loaded juga sudah tersedia di OS X Tiger. Silahkan Anda coba sendiri.

Tambahan, Finder juga mempunya Undo

Tahukah Anda kalau Finder juga mempunyai Undo dan Redo? Ya, walaupun hanya bisa satu kali. Apabila Anda salah memindahkan berkas, Anda bisa meng-undo-nya.

Kesimpulan

Bagi saya Spring-loaded telah menghemat banyak waktu saya ketika memindahkan berkas-berkas yang berceceran di Desktop. Apakah Anda sering menggunakan Spring-Loaded?

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest