Follow Us

MobileMe telah tiba

Kuswanto - Senin, 14 Juli 2008 | 20:03
MobileMe telah tiba

MobileMe telah tiba, .Mac telah pergi. Pada hari peluncuran, MobileMe sedikit cegukan, sampai beberapa kali naik dan turun. Di Mac saya, MobileMe tidak terdeteksi oleh Software Update. Saya sampai harus mengunduh installer MobileMe secara manual. MobileMe merupakan versi .Mac baru dengan tekhnologi Push, apa sih tekhnologi Push?

MobileMe adalah pengganti servis .Mac dari Apple Inc. MobileMe mendukung teknologi push, yaitu sebuah teknologi apabila terjadi pembaharuan di server, server akan mengirim langsung ke komputer, atau gadget Anda. Sebagai contoh, teman Anda mengirim email ke alamat email me.com, ketika email tersebut sampai di server me.com, server akan mengirim pesan tersebut ke Mac Anda langsung, tanpa harus menekan tombol Get Mail

Mengaktifkan MobileMe

Menurut dokumentasi dari Apple, MobileMe bisa langsung didapatkan hanya dengan menjalankan Software Update. Tapi banyak orang yang mengalami masalah dengan Software Update, yang tidak mendeteksi MobileMe. Apabila Mac Anda tidak mendeteksi pembaharuan MobileMe, silahkan unduh paket MobileMe secara manual. Saya menemukan tautan tersebut dari salah satu ruang diskusi MobileMe.

Ketika Anda meng-install MobileMe, berhentikan aplikasi Mail terlebih dahulu.

Setelah proses instalasi selesai, jalankan System Preferences. Aikon .Mac akan digantikan oleh aikon MobileMe.

Apabila Anda sudah menjadi anggota .Mac, gunakan username dan kata sandi yang sama. Apabila belum menjadi Anggota, Anda bisa mencoba MobileMe selama 60 hari. Kapasitas ruang data juga telah diperbesar 2 kali lipat, menjadi 20 GB. Pembesaran ruang data ini yang disambut sangat baik oleh semua orang. Harga berlangganan MobileMe sebesar US$99.

Proses sinkronisasi tidak ada bedanya dengan .Mac. Yang paling kentara berubah adalah tampilan web servisnya. Tampilan me.com, menggunakan desain yang mirip sekali dengan antarmuka Mac OS X. Menggunakan antarmuka web me.com serasa seperti menggunakan aplikasi di dalam Mac.

Apakah MobileMe cocok untuk saya?

Apabila Anda belum memiliki .Mac sebelumnya, mungkin bertanya-tanya, apa sih keuntungannya berlangganan MobileMe, atau apakah MobileMe cocok untuk saya?

Dulu juga saya bertanya-tanya seperti itu. Akun .Mac saya hampir setahun usianya. Dalam waktu selama berlangganan, yang saya rasakan adalah: keamanan. Saya bisa merasa tenang ketika Mac saya mengalami masalah, karena data-data penting seperti; Address Book, Dokumen penting, Email penting dan yang penting-penting lainnya bisa saya backup ke iDisk.

Selain itu juga, proses sinkronisasi membuat pekerjaan di kantor terasa lebih mudah. Kami bisa membuat dan berbagi jadwal dengan mudah menggunakan iCal. Selain aplikasi iLife, beberapa aplikasi pihak ketiga juga memanfaatkan sinkronisasi melalu MobileMe. Hal ini tentunya membuat pembagian-data jauh lebih mudah. Rekan kerja Anda bisa melihat pembaharuan yang Anda lakukan.

Jadi kesimpulannya, apabila Anda memang membutuhkan sinkronisasi beberapa komputer atau pengguna, menggunakan MobileMe mungkin memang cocok untuk Anda.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest