Follow Us

Berbagi Lagu iTunes

Kuswanto - Selasa, 29 Juli 2008 | 11:45
Berbagi Lagu iTunes

Apakah Anda mempunyai beberapa komputer, dan masing-masing komputer mempunya lagu yang berbeda-beda, dengan iTunes Anda bisa memutar lagu di komputer yang lainnya menggunakan fitur iTunes Sharing. Bagaimakan caranya untuk mensharing lagu-lagu? Gampang koq, mari kita lanjutkan.

Fitur sharing ini hanya bisa diberikan kepada komputer yang berada dalam jaringan yang sama. Apabila dua komputer Anda berbeda jaringan, maka tidak akan muncul. Sangat berguna apabila Anda ingin mendengarkan lagu teman Anda yang tidak Anda miliki.

Untuk mengaktifkan sharing lagu, tekan + , untuk memunculkan iTunes Preferences. Kemudian pilih icon sharing, di sini Anda bisa berbagi lagu Anda apakah itu semuanya atau hanya beberapa playlist saja. Anda juga bisa memberikan kata kunci supaya tidak semua orang bisa mengakses lagu-lagu Anda secara sembarangan.

Ceklis Share my Library on my local network untuk memulai membagikan lagu Anda ke komputer lain yang mempunya iTunes. Ada dua pilihan, Share entire library: memungkinkan Anda membagikan semua kumpulan lagu, video, podcast, dll yang ada di itunes. Share selected playlist: di sini, Anda bisa membagikan beberapa playlist pilihan anda saja. Anda juga bisa memberikan kata kunci dengan memasukannya di form Require password. Di bagian bawah Anda bisa melihat status komputer lain yang tersambung ke iTunes Anda.

Daftar komputer yang membagikan lagu bisa terlihat di sebelah kiri jendela iTunes. Anda bisa memilih lagu di komputer lain yang ingin Anda putar.

Batasannya adalah, Anda tidak bisa menyalin lagu di komputer lain kedalam komputer Anda, atau merubah daftar playlist-nya. Anda juga hanya bisa membagikan kumpulan Anda ke lima pengguna iTunes saja, dan hanya bisa membaca sampai 5 iTunes sharing saja.

Apabila Anda tidak bisa melihat kumpulan lagi dikomputer lain, pastikan “Look for shared libraries” dalam keadaan terceklis, dan iTunes dalam keadaan sudah dijalankan.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest