Follow Us

File Aneh di Trash

Kuswanto - Senin, 11 Agustus 2008 | 22:18
File Aneh di Trash

Baru-baru ini saya mendapatkan sebuah berkas aneh yang tidak bisa dihapus. Berkas tersebut mempunyai nama yang aneh, memang tidak berbahaya tapi bisa membuat Trash selalu ada isinya. Ternyata, bukan hanya saya yang bermasalah denga hal ini, banyak pengguna lain yang mengalami hal serupa. Berkas aneh tersebut berhubungan dengan partisi Windows, penasaran? Silahkan lanjutkan membacanya.Berkas dengan nama aneh tersebut sangat menyebalkan, karena tidak bisa dihapus. Setelah di runut ternyata berkas tersebut berasal dari partisi Bootcamp Windows XP. Kemudian saya melakukan googling dan menemukan banyak pengguna lain yang mempunyai masalah yang sama.

Berkas aneh tersebut tersimpan di dalam partisi BootCamp di folder .Trashes. Lihat gambar dibawah ini.

Penyebabnya ternyata masalah partisi BootCamp yang rusak atau bad sector. Saya mencoba menjalankan WinXP di BootCamp untuk menghapusnya, tapi ternyata tidak bisa.

Kemudian saya coba menghapusnya menggunakan Safe Mode, masih juga tidak bisa. Menghapus menggunakan Terminal di Mac OS X juga tidak bisa.

Setelah beberapa lama membaca forum Apple Support, saya menemukan halaman yang mengandung jawabannya, lihat bagian bawah halaman.

Yang saya perlukan hanyalah Scan Disk partisi BootCamp di Windows XP, dan menceklis opsi “Automaticaly fix file system errors” dan “Scan for and attempt recovery of bad sectors“.

kemudian setelah menekan tombol “Start”. Saya diminta untuk restart. Scan disk akan dilakukan ketika Windows XP boot up. Dan akan memperbaiki berkas aneh tersebut, kemudian merubahnya berkas yang dikenali oleh sistem.

Setelah saya masuk ke dalam Windows XP, saya hapus berkas yang ada di dalam folder .Trashes secara pemanen.

Belum selesai. Saya berpindah ke Mac, ketika sudah masuk dan cek Trash, berkas tersebut berubah menjadi seperti ini.

Saya bersihkan Trash, dan sekarang Trash saya sudah tidak ada lagi berkas dengan nama aneh.

Penyebabnya sendiri saya kurang tahu dan tidak ingat semenjak kapan berkas tersebut ada. Apabila ada yang tahu, silahkan saja tuliskan di komentar. Apabila Anda mengalami hal yang serupa, sekarang Anda tahu harus melakukan apa untuk menghapus berkas aneh tersebut dan menjaga agar tong sampah tetap bersih.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest