Follow Us

Bahasa Indonesia di Mac OS X

Kuswanto - Kamis, 14 Agustus 2008 | 10:26
Bahasa Indonesia di Mac OS X

Sebentar lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan Rebuplik Indonesia yang ke-63. Dan, untuk itu mari kita rubah Mac kita menjadi Bahasa Indonesia. Tidak saya tidak bercanda, Anda bisa merubah Mac menjadi Bahasa Indonesia. Walaupun terjemahannya tidak lengkap tapi beberapa kata penting sudah diterjemahkan. Bagi yang sudah lama memakai komputer mungkin memilih untuk tetap menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa tampilan antarmuka di Mac. Tapi bagi orang awam yang tidak begitu mengerti Bahasa Inggris, mereka menginginkan sebuah sistem yang memakai Bahasa Indonesia. Tahukan Anda apabila Mac OS X sudah mempunyai terjemahan Bahasa Indonesia?

Dalam rangka tujuh belasan, mari kita sedikit bernasionalisasi ala Mac fan boy, dengan merubah Mac kita menggunakan Bahasa Indonesia.

Untuk menambahkan Bahasa Indonesia ke dalam pilihan bahasa anda harus buka System Preferences kemudian kemudian menuju ke aikon International.

Di dalam International, kliklah tombol Edit List…. Di dalam pop-up gulung kebawah dan carilah Bahasa Indonesia, ceklistlah Bahasa Indonesia. Pilihan Bahasa Indonesia akan muncul di kolom Languanges yang ada di sebelah kiri.

Kolom Languanges bekerja sesuai urutan. Misalnya seperti ini; Bahasa Indonesia berada di paling atas, English di urutan kedua. Apabila suatu program tidak memiliki terjemahan Bahasa Indonesia, program tersebut akan memilih Bahasa Inggris sebagai bahasa pilihannya.

Ketika Anda telah menggeser, akan muncul peringatan bahwa untuk mendapatkan efek perubahan, Anda diharuskan untuk keluar dulu dari akun. Sistem juga memberitahukan bawah ada perbedaan antara format waktu, tanggal dan bilangan dari Bahasa yang say a pilih. Hal ini dikarenakan saya masih menggunakan format tanggal, waktu, bilangan Bahasa Inggris. Kita akan merubahnya kemudian, saat ini silahkan log-out dan log-in dulu.

Sekarang saatnya kita merubah, tanggal, waktu dan bilangan menjadi Bahasa Indonesia. Apabila Anda masih di International Preferences, masuklah ke tab Formats. Di dalam Formats Anda bisa merubah mata uang, tipe penulisan tanggal dan waktu. Anda harus merubah Region yang tadinya Amerika Serikat menjadi Indonesia.

Untuk mengatur tipe penulisan tanggal dan waktu, kliklah tombol Costumize. Anda bisa merubah tipe penulisan menjadi penulisan detil atau pendek.

Selain penanggalan menggunakan kalendar Georgia, yaitu kalendar kristen, kita juga bisa merubah Mac OS X supaya mengikuti kalendarisasi Islam, Budha, Yahudi atau Jepang. Ini tentunya sangat berguna bagi yang ingin mengetahui penanggalan Islam, rubahlah tipe kalendarnya menjadi Islamic, maka penulisan penanggalan akan menggunakan kalendar Islam.

Bahkan aikon iCal pun berganti menjadi bulan dan tangal Hijriyah.

Tentu saja iCal menggunakan bulan hijriyah juga.

Sistem Mac OS X belum mempunyai terjemahan Bahasa Indonesia, tapi beberapa aplikasi sudah mulai menggunakan Bahasa Indonesia, contohnya Cyberduck dan Firefox. Terima kasih kepada para sukarelawan penerjemah yang bersedia menerjemahkan aplikasi tersebut. Apabila Ada yang menginginkan memulai proyek penerjemahan ke Bahasa Indonesia silahkan kontak kami. Kami bersedia membantu kalian.

Yak! begitulah cara mengganti sistem kita menjadi Bahasa Indonesia. Mudah-mudahan berguna bagi Anda, bisa dipakai hanya untuk bersenang-senang, melihat penanggalan Hijriyah untuk menghitung hari baik atau memberitahukan Opa bahwa Mac lebih mudah.

Selamat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-63, semoga tujuh belasan Anda menyenangkan. Bagi yang belum berlangganan, berlanggananlah sekarang RSS kami atau ikuti twitter kami untuk mendapatkan tulisan baru lebih cepat.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest