Follow Us

Buat Firefox Mac lebih terasa Mac

Kuswanto - Selasa, 19 Agustus 2008 | 09:00
Buat Firefox Mac lebih terasa Mac

Beberapa bulan yang lalu Firefox mencapai Versi 3, dengan make-up baru yang lebih berasa Mac. Tapi bukan berarti tidak ada tema lain yang masih rasa Mac, dan bahkan tema-tema lain tersebut menurut saya lebih bagus daripada tema bawaan Firefox. Selain tema, ada juga ekstensi yang membuat Firefox Mac lebih Mac.

Salah satu yang saya tidak suka dari tema standar Firefox adalah tombol back besar, seperti IE 7. Entah kenapa tim interface Mozila memilih meniru interface IE, dan langsung di implementasikan ke Firefox Mac. Saya sudah membahas bagaimana menghilangkan tombol besar tersebut ke tombol kecil lagi.

Tema Firefox Mac

Saat ini hanya ada dua tema Firefox yang bisa membuat Firefox Mac anda terasa lebih Mac.

Tema Aronnax Firefox
Tema yang dibuat oleh Aronnax adalah tema yang sangat mirip dengan Safari. Dengan tema ini Firefox Anda akan terasa bahwa Firefox adalah aplikasi bawaan Apple sejak lahir.

Camifox
Tema yang kedua adalah Camifox. Berbeda dengn tema Arronax, tema Camifo tidak mengusung tombol metal. Camifox menggunakan aikon yang dipakai oleh Camino. Walaupun tidak menggunakan tombol metal, Camifox masih sangat terasa Mac sekali. Saat ini Camifox adalah tema utama saya.

Ekstensi Firefox ala Mac

Saat ini banyak ekstensi yang tidak compatible dengan Firefox 3, saya hanya menemukan satu ekstensi yang sudah compatible. Ekstensi seperti Stop-or-Reload button masih belum diperbaharui.

Fission
Fission berfungsi memindahkan progress bar yang ada di status bar, ke dalam address bar, meniru fitur Safari.

Penutup

Apakah Anda mempunyai tips supaya Firefox menjadi lebih berasa Mac? Silahkan berbagi dengan berkomentar.

Apabila Anda menyukai tulisan ini, silahkan berlangganan ke RSS atau twitter kami untuk mendapatkan tulisan baru lebih cepat.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest