Follow Us

Menaklukan Spaces dengan tombol pintas

Kuswanto - Senin, 01 September 2008 | 05:40
Menaklukan Spaces dengan tombol pintas

Spaces, merupakan suatu fitur yang banyak dibicarakan oleh para pengguna Leopard. Dengan Spaces kita bisa mempunya lebih dari satu desktop virtual. Desktop virtual adalah desktop tambahan seakan-akan kita mempunya beberapa layar sekaligus untuk menyimpan windows atau aplikasi yang tadinya tumpang tindih hanya dalam satu layar. Dengan adanya spaces kita bisa mengatur aplikasi atau windows ke dalam Spaces. Mari kita lanjut.

Bagi yang baru memasang Leopard, atau baru saja menyalakan Mac baru (Selamat bagi Anda!!), Spaces tidak aktif secara bawaan. Untuk mengaktifkannya Anda harus membuka System Preferences.

Klik aikon Exposé & Spaces, di sini ceklis Enabale Spaces. Centrang juga Show Spaces in menu bar untuk memunculkan aikon Spaces di menubar, apabila Anda menginginkannya. Saya tidak mengaktifkan aikon menu baru, karena menu bar saya sudah penuh.

Saya tidak akan membahas mengenai Spaces secara mendalam tetapi lebih ke cara memindahkan jendela aplikasi dari satu Space ke Space lain. Untuk itu Anda perlu mengatur tombol pintas Spaces terlebih dahulu. Berikut adalah tombol pintas Spaces yang saya pakai.

Apakah Anda memindahkan aplikasi atau jendela aplikasi dengan menjalankan Spaces terlebih dahulu? Cara tersebut memang yang paling mudah, tapi membuat kita teralihkan sementara dari desktop kita.

Cara lain memindahkan jendela adalah dengan klik kiri dan tahan di title bar atau bilah judul jendela, kemudian tekan tombol pintas Spaces tujuan Anda.

Misalkan saya mempunyai satu jendela Safari di Spaces 4 dan satu Safari di Spaces 1. Nah, saya ingin memindahkan Safari di Spaces 4 ke Spaces 1, saya tekan klik kiri dan menahannya kemudian memijit tombol control + 1, viollaaa… sekarang kedua jendela Safari ada di Spaces 1. Dengan menggunakan metoda tersebut, kita tidak teralihkan dari desktop kerja kita.

Ingat Anda harus menahan klik kiri di bilah judul jendela yang ingin Anda pindahkan, sambil menekan tombol pintas Spaces Anda.

Untuk lebih jelasnya silahkan jalankan video di bawah ini, berdasarkan contoh yang saya paparkan di atas.

Sebenarnya ini bukan fitur tersembunyi, tapi banyak yang tidak tahu cara memindahkan jendela tanpa harus menjalankan Spaces. Apakah Anda tahu tips ini? Punya tips lain mengenai Spaces? Silakan berkomentar.

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest