Follow Us

Fitur baru di iTunes 8

Kuswanto - Rabu, 10 September 2008 | 13:18
Fitur baru di iTunes 8

Tadi malam waktu Indonesia, siang hari waktu San Fransisco. Apple, lebih tepatnya Steve Jobs mengumumkan pembaharuan desain iPod Nano, iPod Shuffle dan iPod touch. Seiring dengan pembaharuan tersebut, iTunes juga mendapatkan perhatian tambahan dari petinggi Apple. Setelah sukses dengan App Store-nya sekarang iTunes memberikan fitur baru, Genius Bar. Apa itu Genius Bar?

Genius Playlist

Genius adalah sebuah fitur pintar yang menggolongkan lagu-lagu Anda kedalam sebuah daftar lagu tersendiri (playlist), serta memberikan saran lagu-lagu lainnya yang tersedia di toko music iTunes.

Untuk menggunakan Genius Anda harus mempunyai akun toko iTunes, mungkin hal ini dikarenakan Genius harus mengontak data-data yang terdapat di toko iTunes.

Saya menyukai fitur Genius Playlist, karena dengan otomatis saya bisa menikmati lagu-lagu didalam library yang senada dan seirama. Untuk mengaktif Genius Playlist, Anda harus menekan tombol Genius ketika menyeleksi sebuah lagu.

Genius Sidebar

Genius Sidebar adalah sebuah fitur yang menyarankan lagu-lagu yang mungkin atau memang berhubungan dengan lagu-lagu yang sedang dimainkan. Genius Sidebar tidak akan menampilkan lagu-lagu yang sudah ada di dalam Library iTunes Anda.

Grid View

iTunes mengalami perombakan pada 3 jenis view. View list yang terdapat di iTunes 7 dihilangkan. List view yang ada di iTunes 8 sekarang menampilkan cover album.

View yang baru adalah Grid view. Dengan menggunakan grid view, anda akan melihat rentetan cover lagu yang bisa diurutkan berdasarkan Albums, Artists, Genres dan Composers. Anda juga bisa merubah ukuran cover album.

Satu hal yang tidak sukai adalah, kenapa antarmukanya harus berwarna hitam? Nampaknya pengembah iTunes selalu melanggar aturan antarmuka yang dibuat oleh Apple sendiri.

Mutakhirkan iTunes

Apabila Anda ingin menikmati fitur-fitur baru tersebut, silahkan mutakhirkan iTunes sekarang, bisa dengan mengunduhnya di website iTunes, atau menggunakan Software Update.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest