Follow Us

Activity Monitor Memantau Kinerja Mac

Kuswanto - Kamis, 18 September 2008 | 16:23
Activity Monitor Memantau Kinerja Mac

Mac sebagai sebuah sistem yang stabil, tapi kadang-kadang ada aplikasi yang mengalami masalah sehingga aplikasi tersebut tidak merespon apapun yang Anda perintahkan. Anda bisa memantau penggunaan memori dan prosesor supaya ketika mencapai taraf mengkhawatirkan Anda bisa menutup beberapa Aplikasi demi membebaskan beban Mac Anda. Yaitu, dengan menggunakan Activity Monitor.Ketika Mac menjadi super-duper lambat, sebelum semuanya terlambat dan menjadi hang membuat Anda harus memaksa restart. Kita bisa melihat aplikasi yang bermasalah menggunakan program Activity Monitor.

Activity Monitor terletak di dalam folder /Applications/Utilities. Atau Anda bisa menggunakan Spotlight untuk mencarinya.

Activity Monitor adalah sebuah program untuk melihat aktivitas penggunaan memori dan prosesor. Dengan aplikasi ini juga kita bisa memaksa mematikan sebuah aplikasi.

Selain itu juga, aikon Activity Monitor bisa dirubah menjadi pengawas system Anda. Anda bisa melihat aktivitas CPU secara langsung di Dock.

Ada lagi, ada fitur jendela melayang yaitu melihat penggunaan memori Mac kita. Ada di menu Window > Floating Window, atau tekan + 4 dan + 5. Dan ada juga CPU histroy, di sini Anda bisa melihat penggunaan prosesor seiring dengan waktu.

Aplikasi lain untuk memantau penggunaan memori dan prosesor Anda juga menggunakan Widget iStat Pro.

Dengan ActivityMonitor, Anda bisa menutup aplikasi yang membandel yang tidak bisa di Quit melalui jendela Force Quit. Selain itu juga di ActivityMonitor kita bisa melihat aplikasi mana aja yang menghabiskan memori atau prosesor yang paling banyak.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest