Follow Us

Menggunakan Boot Camp Langkah Demi Langkah

Kuswanto - Kamis, 09 Oktober 2008 | 09:45
Menggunakan Boot Camp Langkah Demi Langkah

Dengan menggunakan prosesor Intel, sekarang Mac bisa di install di Windows tanpa harus menggunakan aplikasi virtual semacam Parallels ataupun vmWare, yaitu menggunakan BootCamp. Setup BootCamp seberarnya sangatlah gampang, hanya saja banyak yang bingung karena memang ada pengaturan partisi dulu. Berikut akan saya uraikan bagaimana setup BootCamp dan setelah terpasang Windows di Mac.

Mengenai Boot Camp

Pada awal peluncuran Boot Camp, bisa di jalankan di Tiger ataupun Leopard. Tapi, saat ini Boot Camp hanya bisa dijalankan di Leopard saja, yang merupakan salah satu fitur Leopard yang paling bermanfaat.

Dengan Boot Camp, Anda bisa masuk ke Windows seperti halnya menggunakan sebuah PC. Windows akan berjalan 100% sepenuhnya, malahan Windows akan berjalan jauh lebih cepat di mesin Mac. Yang dibutuhkan ketika meng-install Boot Camp adalah; CD/DVD WindowsXP atau Vista, dan DVD Leopard untuk instalasi driver hardware Apple yang tidak ada di dalam database Windows.

Pra instalasi Windows

BootCamp itu hanya sebutan yang diberikan oleh Apple yang membuat Mac bisa dipasang Windows. Untuk itu, kita harus mengatur dulu partisi Mac supaya bisa di install Windows.

Untuk membuat partisi Windows, diharuskan memakai Boot Camp Assistant. Aplikasi ini terdapat dalam folder, Application/Utilities. Jalankan aplikasi tersebut, dan Anda akan disambut oleh jendela ini.

Tahapan membuat partisi adalah langkah yang paling mudah, emmmm sebenarnya semuanya mudah. Karena para insinyur di Apple sudah mendesain sistem installasi Windows menjadi lebih nyaman. Silahkan tentukan ukuran partisi Windows yang Anda inginkan, mulai dari 5GB sampai setengahnya ukuran hard disk Anda.

Dalam menentukan ukuran partisi Windows, Anda harus menyesuaikannya dengan maksud awal memasang Windows di Mac. Misalnya Anda ingin menggunakan Windows untuk bermain game, tentunya Anda harus memberi partisi Windows lebih banyak ruang. Tapi, kalau hanya untuk menjalankan Outlook, ukuran 10 GB sudah lebih dari cukup. Tentukan dengan bijak ukuran partisi, dan jangan buat Leopard menjadi kekurangan lahan. Sisakan minimal 5 GB kosong untuk Leopard.

Setelah menentukan bersarnya partisi, silahkan mulai proses partisi. Prosesnya akan memakan waktu tergantung dari besarnya ukuran partisi. Silahkan buat teh sambil menunggu proses partisi selesai.

Sekarang siapkan CD/DVD Windows XP atau Vista di dekat Anda, karena setelah menekan tombol “Start Installation” Mac akan otomatis restart. Dan kemudian akan langsung boot ke CD/DVD Windows.

Pasca instalasi Windows

Ikuti proses intalasi Windows seperti biasa. Setelah proses installasi selesai, masukan DVD Leopard untuk mulai memasang driver di Windows. Berupa driver kartu grafik, suara, keyboard, bluetooth, microphone, dan iSight sehingga semuanya bekerja dengan sangat baik.

Setelah selesai memasang driver perangkat keras Apple di Windows, sebaiknya Anda restart dahulu Windows supaya perubahan terjadi secara menyeluruh. Waktu boot-up akan langsung masuk ke Windows, karena target bootnya ke Partisi windows yang di set secara default. Untuk merubahnya kembali supaya boot ke Mac, silahkan buka Control Panel Windows, dan nyalakan program Boot Camp.

Editor : Kuswanto

Latest