Follow Us

Membersihkan Scroll Ball Mighty Mouse

Deon Sukma - Senin, 24 November 2008 | 10:12
Membersihkan Scroll Ball Mighty Mouse

Apple Mighty Mouse memang bisa dibilang Mighty karena didukung fitur-fitur yang cukup canggih seperti scroll ball dengan kemampuan 360 derajat scroll, 4 tombol yang dapat dikostumisasi di System Preferences, menggunakan teknologi laser sebagai sensor tracking-nya, dan teknologi sentuh yang sensitif untuk mendeteksi klik kanan dan klik kiri.

Semua fitur dari Mighty Mouse ini ada satu kekurangannya yaitu Scroll ball-nya mudah sekali macet! Menyebalkan memang, meskipun yang macet hanya scroll keatasnya namun itu dapat membuat tangan kita cepat pegal dikarenakan jari kita terpaksa harus menekan klik pada mouse untuk menscroll halaman keatas. Ditambah lagi dengan iklim Indonesia yang tergolong iklim tropis, banyak sekali debu yang bertebaran diudara dan masuk kedalam sela-sela scroll ball dapat menambah parah rusaknya scroll pada Mighty Mouse.

MakeMac kali ini akan memberikan tips cara membersihkan Scroll ball pada Mighty Mouse.

Membersihkan Scroll Ball pada Mighty Mouse

  1. Gunakanlah penghapus karet pensil yang biasa digunakan untuk menghapus bulatan pada lembar jawaban kertas komputer, dengan cara menekan penghapus pensil tersebut pada scroll ball ke segala arah. Perlu diperhatikan jangan sampai serpihan dari penghapus karet tersebut jatuh kedalam sela-sela Scrollball.
  2. Gunakanlah kertas putih bersih ukuran A4 lalu taruh diatas meja, lalu tekan Scroll ball keatas kertas tersebut, gerakan kesemua arah hingga kotoran terlihat menempel dikertas tersebut.
  3. Atau anda bisa mengikuti saran dari Apple Support
Perlu anda perhatikan, dalam membersihkan scroll ball diatas jangan Anda menggunakan tissue ,kapas atau bahan yang mudah rusak apalagi jika terkena cairan karena serpihan bahan tersebut akan menambah macetnya scroll ball anda, gunakanlah bahan yang kuat namun halus seperti kain kering. Dari ketiga tips diatas sudah dilakukan tetapi scroll ball anda masih membandel anda dapat mencoba untuk membongkar Mighty Mouse anda!

Membongkar Mighty Mouse anda dapat menyebabkan cacat pada body mighty mouse, namun dapat diperbaiki dengan mengelem body yang rusak tersebut

Membongkar Mighty Mouse untuk Membersihkan Scroll Ball

  1. Lepaslah batre dan penutup battre Mighty Mouse anda (untuk Mighty Mouse Wireless)
  2. Congkel dengan obeng minus (-) ukuran kecil bagian bawah tombol Squeez, lakukan dengan perlahan namun bertenaga. Jika sudah sebagian terangkat teruskan mengikuti jalur yang sudah ada hingga ring bagian bawah body Mighty Mouse terlepas
  3. Congkel bagian bawah body mighty mouse dengan tahapan bagian 1,2 dahulu di ikuti dengan bagian 3,4 (lihat gambar). Setelah terlepas anda harus hati-hati, anda jangan membuka kedua bagian tersebut dengan cepat-cepat karena disana terdapat dua kabel (coklat dan hijau) yang menghubungkan 2 bagian dari Mighty Mouse
  4. Dorong keatas kunci kabel seperti gambar diatas untuk melepaskan kabel, dan lakukanlah hal yang sama dengan kabel yang satunya. lakukanlah dengan perlahan jika sudah anda dapat menyimpan bagian yang banyak terdapat komponen ketempat yang aman.
  5. gunakanlah obeng plus (+) yang untuk melepas 3 baut yang terdapat pada gambar diatas, setelah lepas simpan baut tersebut dengan baik-baik agar tidak hilang. Dapat anda lihat kotoran ada dimana-mana.
  6. Congkel bagian putih mighty mouse secara perlahan hingga terlepas, anda bisa melihat pada gambar diatas kotornya sensor scroll ball saya terutama pada sensor atas dan bawahnya. Lepas semua sensor tersebut lalu bersihkan hingga bersih. anda dapat menggunakan cairan pembersih ataupun alkohol. Setelah bersih pasang kembali, dan ingat jangan sampai terbalik urutannya anda dapat melihat pada gambar urutannya.
  7. Pasang kembali bagian putih pada scroll ball, jangan terbalik anda dapat melihat pada gambar sebagai patokannya, setelah itu pasang kembali baut-baut, pasang kabel hijau dan coklat (pada bagian ini anda haruslah sabar dan hati-hati), setelah itu satukan bagian dua bagian mighty mouse
  8. Taruh perekat pada tempat-tempat yang dapat anda lihat pada gambar, gunakanlah lem yang kira-kira mudah untuk dibuka (jangan menggunakan super glue) karena jika pada suatu saat anda mengalami macet scroll ball anda dengan mudah dapat membukanya kembali
  9. Mighty Mouse dapat digunakan kembali Wuuzz wuuuz tanpa cacat dan Mighty Mouse anda kembali MIGHTY!
Apakah anda mempunyai tips lain untuk membersihkan Mighty Mouse? anda bisa share disini.

Untuk mendapatkan artikel ataupun liputan lain secara lengkap, dapat langsung berlanganan RSS ataupun melalui E-Mail


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest