Follow Us

Kepedulian Apple Terhadap Lingkungan

Fauzan Alfi - Selasa, 25 November 2008 | 20:15
Kepedulian Apple Terhadap Lingkungan

Keadaan lingkungan di bumi ini saat ini sangat berbeda dibandingkan puluhan tahun yang lalu. Hal ini disebabkan oleh pemanasan global dan limbah-limbah pabrik yang berdampak sangat buruk. Oleh karena itu, rata-rata produsen dan pengembang barang elektronik pun membuat sebuah kebijakan untuk menyikapi fenomena ini, begitu pun juga Apple. CEO Apple, Steve Jobs, mengeluarkan kebijakan untuk perusahaannya bertajuk “A Greener Apple” pada tahun 2007 setelah didesak oleh berbagai LSM lingkungan, salah satunya Greenpeace. Lalu, apakah Apple sudah benar-benar hijau? Ketahui selanjutnya disini.

Apple yang lebih hijau

Kebijakan ini dikeluarkan pada 2 Mei 2007 oleh CEO Apple, Steve Jobs, sebagai tindak lanjut kepedulian Apple atas isu lingkungan yang semakin memanas. Rencana yang mereka susun pada kebijakan ini antara lain :

  • Apple akan menghilangkan semua bahan kimia berbahaya seperti PVC dan BFR dari semua produk terbarunya.
  • Apple tidak akan menggunakan monitor CRT dan menggantinya dengan LCD
  • Apple akan melaksanakan program recycling untuk produk – produk lamanya.

Realisasi

Hingga hari ini, Apple sudah merealisasikan sebagian besar dari kebijakan mereka yang menginginkan Apple semakin “hijau” tersebut.

Pada tahun 2006, Apple mengantikan layar CRT dengan layar LCD untuk semua produknya. Lalu pada tahun 2007, Apple meluncurkan produk dengan circuit board yang bebas dari bromin dan juga meluncurkan Macbook Pro dengan layar LED backlit yang bebas dari merkuri.

Pada Januari 2008, Apple meluncurkan Macbook Air dengan backlight yang bebas dari merkuri dan layar LCD bebas arsenik. Pada bulan Juni 2008 yang lalu, Apple meluncurkan iPhone 3G yang ramah lingkungan antara lain bebas PVC, bebas BFR dan layarnya yang bebas dari merkuri.

Dua bulan yang lalu, Apple meluncurkan keluarga iPod yang bebas dari PVC, BFR dan mudah untuk didaur ulang. Sebulan yang lalu, Apple meluncurkan keluarga Macbook yang baru dan bebas dari PVC, BFR, mudah didaur ulang dan mendapat penghargaan EPEAT GOLD.

Apple Environmental Update 2008

CEO Apple, Steve Jobs, merilis update tentang kebijakannya tentang lingkungan dan produk-produk Apple yang ramah lingkungan. Di dalamnya berisi bahwa Apple akan menghapus BVR dan PVC pada akhir tahun ini. Selain itu, Apple melaporkan status daur ulangnya pada tahun 2007 yang melebihi dari target sebelumnya dan pengurangan emisi karbon pada produknya.

Apple pun merilis iklan terbarunya tentang Macbook yang diklaim sebagai komputer jinjing paling “hijau”.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest