Follow Us

Daftar Plugin Quicklook Untuk Memudahkan Pekerjaan Anda

Adi Chandra - Rabu, 10 Desember 2008 | 16:00
Daftar Plugin Quicklook Untuk Memudahkan Pekerjaan Anda

Pada sistem operasi Leopard terdapat fitur Quicklook, yaitu fitur dimana kita menekan tombol spasi pada file yang terfokus. Quicklook lalu akan membuka sebuah jendela berwarna hitam yang menampilkan isi dari file tersebut secara cepat. Fitur ini sangat membantu kita untuk mengakses isi file lebih cepat, tetapi banyaknya ekstensi file yang tidak didukung oleh Leopard membuat fitur QuickLook ini menjadi tidak terlalu berguna. Dalam artikel ini, saya akan menyuguhkan cara membuat QuickLook bisa melihat file-file berekstensi lain yang secara default tidak di dukung oleh Leopard.

Quicklook pada file jpg

Snow Leopard yang kira-kira akan di rilis pada tahun 2009 akan mendukung fitur quicklook langsung pada icon, bahkan file suara dan video pun bisa langsung berjalan di icon itu sendiri. Versi developer build dari Snow Leopard dikatakan sudah mendukung fitur tersebut. Sambil menunggu dirilisnya Snow Leopard, tidak ada salahnya kita menggunakan Plugin 3rd Party untuk membuat QuickLook bisa melihat secara cepat file-file berekstensi lain.

Berikut saya tampilkan daftar plug in QuickLook yang berguna untuk anda:

Cara Penggunaan

Penginstalan sangat mudah, tekan tombol cmd+shift+g dengan posisi Finder terfokus di menubar, ketik /Library/QuickLook/ atau ~/Library/QuickLook/ dan tekan enter. Setelah folder QuickLook terbuka, anda hanya perlu memindahkan file berekstensi *.qlgenerator yang anda unduh ke folder tersebut. Jika folder QuickLook tidak terdapat dalam sistem anda, anda hanya perlu membuatnya secara manual. Setelah meletakan file-file tersebut, log out Mac anda, lalu log in kembali dan tes lah file yang mempunyai ekstensi sesuai dengan plugin yang anda unduh.

Cara lebih mudah tanpa harus log out yaitu dengan menjalankan aplikasi Terminal, lalu masukan perintah qlmanage -r dan tekan enter, tetapi anda harus mempunyai status administrator dalam Mac anda. Perintah tersebut akan melakukan reset ulang kepada semua plugin QuickLook. Membuka file *.ai hanya untuk melihat apakah gambar tersebut yang ingin anda buka sangatlah menggangu, apalagi dengan waktu yang cukup lama untuk menjalankan aplikasi berat seperti Adobe Illustrator. Berikut adalah gambar preview berkat plugin untuk file Adobe Illustrator yang baru saja saya instal. Â

QuickLook pada file Adobe Illustrator


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest