Follow Us

10 Kesalahan Para Pengguna Mac Pemula

Kuswanto - Jumat, 12 Desember 2008 | 10:02
10 Kesalahan Para Pengguna Mac Pemula

Mayoritas pengguna Mac adalah pengguna yang dulunya memakai Windows, atau sebagian memakai Linux. Pada waktu-waktu adapatasi sering salah intrepetasi mengenai cara antar muka Mac OS X yang jauh berbeda daripada sistem operasi Windows. Apakah Anda juga melakukan hal ini pada waktu adaptasi Mac?

1. Double klik aikon di Dock

Dock tidak berlaku seperti shortcut aplikasi di Desktop Windows. Dock hanya perlu di klik sekali saja.

2. Menganggap bahwa tombol hijau di kiri atas jendela adalah untuk memaksimalkan jendela

Tombol tersebut bukanlah maximize, tapi tombol Zoom. Tombol Zoom ini berfungsi untuk memperbesar ukuran jendela sampai cukup dengan ukuran konten yang dimuatnya. Sayangnya tidak semua aplikasi menangani tombol Zoom secara sama.

3. Minimize jendela ke Dock

Dock bukanlah Task Bar di Windows. Saya sering lihat para pengguna baru minimize semua jendela ke Dock, sampai ukuran Dock-nya menyentuh pinggiran layar. Pengguna Mac yang mahir akan melakukan Hide atau menyembunyikan jendela, tombol singkatnya adalah Command + H

4. Menyangka menekan tombol merah adalah menutup aplikasi

Ini juga yang salah kaprah. Di Windows kalau menutup jendela diartikan juga menutup aplikasi. Kalau di Mac, menekan tombol merah adalah menutup jendela aplikasi, bukan berarti mematikan aplikasi tersebut. Jendela dan aplikasi adalah dua hal yang berbeda.

5. Menekan Enter untuk membuka file

Enter atau Return berfungsi untuk mengganti nama berkas. Ingat-ingat ya. Untuk membuka berkas tekan Command + O

6. Memindahkan berkas ke folder lain adalah copy

Memindahkan berkas ke folder lain adalah move, apabila ada di dalam satu hard disk yang sama. Kalau berbeda hard disk akan menyalin (copy) berkas tersebut.

7. Menganggap folder Home adalah partisi

Biasanya pengguna yang belum pernah menggunakan Linux akan menganggap bahwa folder Home adalah sebuah partisi. Folder home adalah rumah Anda pribadi, Anda boleh merombak susunan ruangan rumah anda (disebut folder) tersebut. Tapi jangan sampai Anda menghapus folder rumah Anda sendiri, sama saja dengan merubuhkan rumah sendiri, jadinya ya gelandangan.

8. Installer Mac sama dengan Installer Windows

Beda! Apabila Anda punya DVD Adobe untuk Windows. Ya! tidak bisa di install di Mac. Anda harus membeli installer khusus Mac.

9. Tidak pernah drag-n-drop lebih senang copy paste

Aduuuhh, saya suka kasihan, karena klik kanan mulu. Padahal apa susahnya drag berkas dari satu jendela finder ke jendela lain sambil menekan option untuk menyalin. Gak pernah bosen saya ngasih tips ini.

10. Tidak memanfaatkan sidebar Finder

Dikarenakan kurang faham mengenai Finder, sehingga tidakpernah merubah sidebar Finder, apalagi menggunakan trick Finder toolbar.

Artikel ini bukan mencemooh Anda yang baru saja memegang Mac, tapi diharapkan bisa menjadi sebuah motivasi supaya lebih mengerti mengenai cara Mac bekerja. Karena, dulu saya juga pernah mengalami kesepuluh hal di atas.

Apakah Anda mempunyai kesalahan-kesalahan lainnya? Silakan bagi-bagi dengan kami dan pembaca lainnya di komentar. Silakan juga ikuti kami melalui Twitter atau berlangganan RSS kami untuk mendapatkan artikel baru lebih cepat.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest