Follow Us

Menggunakan Clamshell mode

Kuswanto - Sabtu, 13 Desember 2008 | 09:31
Menggunakan Clamshell mode

Laptop Mac merupakan mesin yang paling banyak terjual, banyak yang memakainya sebagai semi-desktop dengan dua montior. Tapi apakah Anda sudah tahu kalau laptop Mac dapat bekerja dalam keadaan layar tertutup, tapi tidak dalam sleep mode? Mode ini disebut sebagai clamshell, dimana layar laptop tertutup tapi Mac OS X bekerja di monitor eksternal. Clamshell bisa diterapkan di MacBook, MacBook Pro, PowerBook G4 dan MacBook Air. Caranya gampang koq.

MacBook Pro dalam mode Clamshell

Â

Yang Anda butuhkan adalah keyboard dan mouse eksternal USB atau Bluetooth yang berfungsi untuk membangunkan Mac dari sleep. Apabila Anda memakai keyboard atau mouse bluetooth, pastikan bahwa opsi “Allow Bluetooth devices to wake this computer” dalam keadaan aktif.

Di System Preference keyboard

Seting Bluetooth

Pada awalnya saya memakai keyboard Windows biasa, Mac tidak bisa bangun dari sleep. Begitu juga dengan mouse bluetooth saya tidak bisa membangunkan Mac. Setelah saya ganti keyboard ke Apple Keyboard, masih menggunakan mouse yang sama akhirnya Mac bisa bangun, sesaat setelah saya menekan tombol ketika Mac telah masuk ke dalam mode sleep.

Apakah mode Clamshell berbahaya? Sepertinya tidak, karena laptop Apple di desain untuk bekerja dalam mode clampshell. Saya perhatikan tidak ada kenaikan suhu drastis. Keuntungannya adalah, kinerja Mac akan lebih cepat dibandingkan dengan dual monitor. Dikarenakan pada mode Clamshell kinerja Video Card hanya terpusat pada satu monitor.

Saya tidak tahu apakah iBook mendukung clamshell mode atau tidak. Berdasarkan dokumen di Apple, iBook tidak terdaftar.

Semoga bermanfaat dan silakan ikuti kami melalui Twitter atau berlangganan RSS kami untuk mendapatkan artikel baru lebih cepat.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest