Follow Us

Shortcut Dasar Bagi Pengguna Mac

Kuswanto - Minggu, 21 Desember 2008 | 08:19
Shortcut Dasar Bagi Pengguna Mac

Tidak dipungkiri lagi Mac adalah sebuah sistem operasi yang mempunyai antar muka sangat bersahabat dan fungsional. Tapi kalau terus-terus menggunakan mouse untuk bekerja dengan banyak jendela di sana-sini akan menghabiskan banyak waktu. Kali ini saya menuliskan shotrcut dasar yang harus dikuasai oleh pengguna MacTulisan ini merupakan lanjutan mengenai tulisan sebelumnya tentang 10 kesalahan pengguna Mac pemula.

CMD + H

Sudah di bahas sebelumnya. Untuk menyembunyikan aplikasi yang sedang tidak terpakai. Ada beberapa aplikasi yang mempunyai shortcut Hide berbeda, salah satunya adalah Photoshop.

CMD + Shift + N

Membuat folder baru di finder.

CMD + Delete

Memindahkan berkas ke Trash.

CMD + o

Membuka berkas apapun dengan program yang terkait.

CMD + `

Berputar di jendela aplikasi yang sama. Hampir semua aplikasi yang mempunyai jendela lebih dari satu mendukung shortcut ini.

CMD + tab

Berpindah aplikasi dengan memunculkan application switcher.

CMD + spasi

Mencari di Spotlight. Shortcut mungkin berbeda apabila Anda telah menggantinya.

CMD + ALT + Esc

Membuka jendela Force Quit, berguna apabila ada suatu masalah dengan aplikasi tertentu

CTRL + = dan CTRL + -

Zoom in dan zoom out, tidak semua aplikasi mendukung ini. Berguna apabila. Pada Macbook terbaru, fitur ini bisa dilakukan di trackpad menggunakan gestur dua jari.

Fn + delete

Menghapus kebelakangan layaknya backsapce.

Semoga bermanfaat dan silakan ikuti kami melalui Twitter atau berlangganan RSS kami untuk mendapatkan artikel baru lebih cepat. Ikuti juga lomba menulis pengalaman menggunakan Mac, dan dapatkan peluang mendapatkan 2 iPod Shuffle.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest