Follow Us

Maksimalkan Sudut Layar

Kuswanto - Sabtu, 20 Desember 2008 | 10:05
Maksimalkan Sudut Layar

Fitur yang membedakan antara Mac dengan sistem operasi lain adalah variasi opsi-opsi yang diberikan kepada para pengguna yang dikemas dengan sangat apik. Salah satunya adalah Exposé (dibaca eks-spo-sye), fitur yang membuat saya betah menggunakan Mac, sampai-sampai ditiru oleh Windows Vista. Exposé seperti yang Anda ketahui, adalah fitur untuk berpindah dari jendel-ke jendela lain dengan cepat, yang dapat di akses menggunakan shortcut atau sudut layar Anda. Tapi, sudut layar bukanlah milik Exposé semata, Anda dapat menentukan perintah lainnya.

Pemanfaatan sudut layar di Mac disebut juga sebagai Hot Corners, Sudut Panas, sebut saja Hot Corners deh, biar lebih keren. Fitur yang ada juga di Tiger, apalagi di Leopard dapat menjadi penghemat waktu Anda. Berikut adalah perintah-perintah yang dapat Anda terapkan di salah satu keempat sudut layar Anda.

Itulah komando yang dapat Anda seting

Nah, Ada tips lainnya lagi nih. Kadang kala Anda tidak sengaja menyentuh sudut layar, pegawai Apple telah memikirkan hal itu. Solusinya adalah, Hot corners dapat juga di perintah dengan kombinasi tombol. Tekan salah satu drop-down di Active Screen Corners, ketika keluar menu-nya, tekanlah tombol Command, Option, Control atau Shift. Anda juga dapat mengkombinasikan tombol tersebut lebih dari satu tombol sesuka Anda.

Sambil menekan Shift dan Command

Dengan begitu, tidak akan ada lagi ketidaksengajaan, tapi Anda harus mengingat tombol apa yang harus ditekan. Saran, samakan tombol yang harus ditekan di semua sudut layar.

Kekurangan dari hot corner adalah apabila Anda menggunakan dual monitor, jarak yang harus ditempuh terlalu jauh. Dan sayangnya, satu sudut layar hanya bisa satu komando saja, padahal ada fitur kombinasi tombol tadi. Misalnya Command + sudut kanan atas untuk Spaces, Shift + sudut kanan atas untuk All windows, pasti lebih enak.

Semoga bermanfaat dan silakan ikuti kami melalui Twitter atau berlangganan RSS kami untuk mendapatkan artikel baru lebih cepat.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest