Follow Us

Benchmark Firefox 3.1 Beta 2

Adi Chandra - Rabu, 24 Desember 2008 | 11:10
Benchmark Firefox 3.1 Beta 2

Sudahkah anda mencoba Mozilla Firefox versi 3.1 beta 2? File yang dirilis untuk versi Mac OS X ini sebesar 17.2 Mb dan dapat di unduh disini. Salah satu fitur yang ada di build ini adanya fitur untuk “Private Browsing” yang tidak akan menyimpan data cache dan history kedalam hard disk ketika anda menggunakan fitur tersebut.

Fitur yang paling dinantikan adalah Engine Gecko yang telah di optimasi bernama TraceMonkey. Itu adalah sebuah javascript engine yang dikabarkan bekerja dengan sangat cepat seperti engine yang terdapat pada Webkit.

Saya mencoba untuk melakukan benchmark Firefox versi 3.1 beta 2 ini dengan Firefox 3.0.4. Dengan membuka beberapa situs dalam keadaan cache dan history dibersihkan. Perhitungan waktu benchmark ini berhenti ketika tulisan “Done” muncul di status bar.

HASIL BENCHMARK

Firefox 3.0.4 vs Firefox 3.1 beta 2.

Digg.com (27s) vs (22s)

Newyorker.com (14s) vs (12s)

Facebook.com (5s) vs (4s)

Time.com (125s) vs (123s)

(nilai s/detik rendah berarti lebih baik)

KESIMPULAN

Dari hasil benchmark yang saya dapat, kecepatan TraceMonkey engine pada saat ini tidak seperti yang digembar-gemborkan oleh media. Pada proses me-load situs digg, perbedaan terlihat mencolok, sehingga saya harus melakukan load ulang. Tetapi perbedaan waktunya tetap mencolok.

Perlunya perhatian penggunaan versi beta ini pada proyek desain situs atau menulis artikel dengan menggunakan browser seperti pada WordPress sangat tidak dianjurkan karena merupakan versi yang belum rampung sehingga masih rawan dengan bug yang dapat menyebabkan masalah pada pekerjaan penting yang mengutamakan produktifitas.

Saran kami dalam melakukan pekerjaan yang penting, sangat disarankan untuk tetap menggunakan versi rilis stabil terakhir Firefox, yaitu 3.0.5.

Perhatian: Hasil waktu pada benchmark ini dalam situasi dan kondisi yang berbeda mungkin tidak akan 100% valid.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Adi Chandra

Latest