Follow Us

Singkronisasi Google Calendar dan iCal

Kuswanto - Sabtu, 03 Januari 2009 | 10:42
Singkronisasi Google Calendar dan iCal

Tidak dapat di pungkiri lagi banyak sekali yang menggunakan servis Google, Gmail, Google Docs dan gCal. Yang terakhir, gCal atau Google Calendar, adalah penyedia layanan kalendar gratis dari Google. Bekerja seperti iCal, dan baru-baru ini pengguna Mac merasakan kemudahan atas kemampuan gCal berkomunikasi dengan iCal. Yang perlu Anda lakukan adalah.

Unduh aplikasi Calaboration dari Google

Supaya gCal dapat di baca oleh iCal Anda harus mengunduh sebuah aplikasi bernama Calaboration. Dengan Calaboration ini kalender yang ada di Google akan di import dan di setting secara otomatis memakai protokol CalDAV.

Unduh Calaboration.

Perlu di ingat bahwa hanya iCal versi 3 keatas yang hanya mendukung CalDAV.

Seting Calaboration

Jalankan Calaboration, Anda akan di minta untuk memasukan alamat email Google Anda dan password. Apabila mendengar kata setting mungkin Anda membayangkan banyak tombol yang harus di tekan, tapi ini tidak koq, hanya butuh sesaat. Lihat gambar di bawah ini.

Masukan akun Google Anda

Pilih kalender yang mau anda pakai

Lihat aksinya di iCal

Setelah Anda menekan tombol Add to iCal Anda akan melihat gCal tadi di iCal. Oh iya, sebelum menekan tombol Add to iCal, iCal Anda harus dalam keadaan tidak bekerja.

Google Calendar pada saat ini tidak mempunyai fitur to-do list seperti layaknya di iCal. Oleh karena itu Anda tidak dapat membuat to-do list di gCal. Sangat di sayangkan, tapi mudah-mudahan gCal akan membuatkan fitur to-do list dan bersinergi lebih baik lagi dengan iCal.

Secara default iCal akan melakukan sinkronisasi dengan Google setiap 5 menit, bagi saya itu terlalu cepat. Untungnya hal ini dapat di konfigurasikan di Preference iCal.Â

Saya mengaturnya menjadi 15 menit sekali

Kesimpulan

Bagi yang tidak mempunai akun MobileMe, sinkronisasi antara gCal dan iCal dapat menjadi sebuah alternatif yang murah meriah. Anda tidak khawatir jadwal-jadwal Anda akan hilang ketika komputer mengalami masalah, karena jadwal tersbut di simpan di Google dengan aman.

Apakah Anda menyukai tips yang kami berikan? Silakan untuk gunakan RSS atau ikuti Twitter kami untuk mendapatkan update akan tulisan berikutnya lebih cepat.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest