Follow Us

Bikin Kekuatan Baterai Dua Kali Lipat

Felix Widjaja - Selasa, 24 Februari 2009 | 08:07
Bikin Kekuatan Baterai Dua Kali Lipat

Anda sedang bekerja di laptop Mac dan sepertinya kondisi baterai tinggal beberapa menit saja, sedangkan tugas Anda belum ada tanda-tanda segera akan rampung. Wah stress nya double!

Bila Anda sering mengalami situasi semacam ini, terlebih jika laptop Mac anda telah berumur 2 tahun lebih; kemungkinan besar Anda akan mulai melirik-lirik harga baterai dan mulai berpikir untuk mengganti Mac portable Anda dengan generasi yang lebih baru. Dengan harapan teknologi konsumsi tenaga dan kemampuan baterainya akan lebih baik.

Namun sebenarnya ada solusi yang lebih murah dan cukup jitu. Yaitu dengan mematikan fitur SMS (Sudden Motion Sensor), mesin Mac yang mempunyai tekhnologi ini adalah PowerBook G4, iBook G4, MacBook, MacBook Pro dan MacBook Air. Ternyata cukup menghabiskan tenaga baterai demi melindungi hard disk dari goncangan yang serius. Prinsipnya begini: apabila Mac mendeteksi ada goncangan yang berbahaya, maka jarum hard disk akan otomatis “dikunci” sampai goncangan tersebut selesai. Nah, tentunya tidak akan ada goncangan yang berarti bila kita selalu bekerja di meja yang kokoh (bukan di pangkuan atau di kendaraan yang bergoncang-goncang).

Cara mematikan SMS, cukup ketikkan ini di Terminal, Anda akan diminta password – masukan password Anda yang sama dengan password login. Tipe akun Anda harus tipe Admin, bukan user biasa.

sudo pmset -a sms 0
Untuk memastikan kalau SMS sudah mati ketikkan perintah ini di Terminal:

sudo pmset -g
Hasilnya akan seperti ini.

cek apakah SMS sudah mati

Untuk mengaktifkannya kembali ketikkan ini di Terminal.

sudo pmset -a sms 1
Ketikkan kembali perintah untuk mengeck SMS:

sudo pmset -g
Kali ini SMS seharusnya menunjukan angka 1, yang artinya sudah menyala lagi.

Hasil yang didapat setelah mematikan SMS pun cukup mencengangkan, yaitu kenaikan kekuatan baterai hampir 2x lipat. Jadi, apakah anda berani mencoba?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest