Follow Us

Apple Memperbaharui Lini Desktop

Kuswanto - Rabu, 04 Maret 2009 | 11:15
Apple Memperbaharui Lini Desktop

Tampaknya rumor yang telah beredar belakangan ini adalah benar. Rumor mengenai pembaharuan iMac, dan Mac Mini. Tapi ternyata bukan hanya itu saja, Apple juga memperbaharui Mac Pro. Apple benar-benar merubah semua mesin dekstop.

Perubahan yang dilakukan terutam pada dukungan Mini DiplayPort dan FireWire 800.

iMac

Saya selalu melihat iMac adalah mesin berbadan desktop tapi berkekuatan mobile. Tapi, dengan pembaharuan ini, iMac bertambah kuat. Graphic card yang dipasang adalah graphic card berkekuatan besar, cocok untuk bermain game 3D atau mengolah video dengan lancar.terdapat 3 pilihan graphic card, yaitu NVIDIA GeForce GT 120 256MB, NVIDIA GeForce GT 130 512Mb atau ATI Radeon HD 4850 512MB.

port iMac dengan Firewire 800

Yang paling berpengaruh adalah hard disk iMac sekarang menjadi 320GB untuk yang 20 inchi, sedangkan 24 inchi tersedia yang 640GB atau 1TB. Hal ini merupakan langkah yang tepat, karena iMac adalah sebuah mesin dekstop yang dapat menjadi tempat penyimpanan video, game, atau Windows untuk bermain game.

Mac Mini

Sayangnya Mac Mini tidak terlalu banyak perubahan, tidak ada perubahan drastis dengan desain casingnya. Malahan video yang telah perlihatkan sebelumnya mirip dengan Mac Mini yang baru saja keluar.

Apple menyebutkan kalau graphic card yang baru lebih cepat 5 kali lipat. Seperti halnya iMac, Mac Mini juga menapatkan jumlah hardisk yang jauh lebih besar, yaitu 320GB di mesin yang lebih mahal, dan 120GB di mesin yang lebih murah.

Mac Pro

Mac Pro baru menggunakan prosesor baru Intel, prosesor Nehalem. Mac Pro menggunakan VGA NVIDIA GeForce GT 120 512MB. Memori dapat memilih antara 3GB atau 6GB. Hard ddisk dimuali dengan 640GB.

Tampaknya Apple tidak membunuh DVI port di Mac Pro, mereka menyediakan DVI port dan Mini Display Port. Kalau mereka menghilangkan dual-link DVI port, akan banyak profesional yang marah-marah karena Cinema Display mereka tidak dapat digunakan.

Ada yang tertarik untuk membeli mesin baru ini, ketika muncul di Apple reseller lokal?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest