Follow Us

Review : Aplikasi dan Web Apps Lokal Untuk iPhone OS

Fauzan Alfi - Senin, 23 Maret 2009 | 15:50
Review : Aplikasi dan Web Apps Lokal Untuk iPhone OS

iPhone akhirnya secara resmi masuk ke Indonesia dengan diboyong oleh Telkomsel. Berbagai persiapan Telkomsel lakukan untuk menjamu kedatangan iPhone. Persiapan yang dilakukan diantaranya bekerjasama dengan pihak lain seperti Kompas, detik.com, dan beberapa pengembang piranti lunak lainnya. Alhasil, aplikasi dan web apps lokal tersedia untuk para pengguna iPhone OS (termasuk iPhone 2G, iPhone 3G dan iPod Touch). Kali ini, kami akan membahas 3 di antaranya. Apa sajakah itu ?

detik.com

detik.com. Langsung dari iPhone anda.

detik.com adalah salah satu portal berita internet lokal yang sangat dikenal. Dengan menyediakan berbagai macam berita, para peselancar internet dapat mendapatkan berita terkini secara langsung melalui detik.com. Kini, para pengguna iPhone OS dimanjakan dengan diluncurkannya aplikasi detik.com yang dapat diunduh langsung melalui Apple AppStore.

Info anda pada detik.com

Jadilah seorang jurnalis dadakan!

Pada halaman depan, ada disuguhi oleh berita utama dari detik.com. Pada bagian tengah, anda melihat berbagai tab dengan lambang–lambang rubrik pada detik.com. Di bagian paling atas, terdapat dua tab yaitu tab Detik, dimana anda dapat melihat berita–berita yang disuguhkan, dan tab Info Anda, dimana anda dapat menjadi seorang jurnalis dadakan dengan menulis berita langsung melalui iPhone / iPod touch anda. Aplikasi ini masih dibutuh perbaikan dalam koordinasi antara satu rubrik dengan rubrik lainnya.

TransJakarta

TransJakarta adalah aplikasi untuk iPhone OS yang berguna sebagai pemandu anda dalam menaiki busway TransJakarta di Jakarta. Di dalamnya berisi rute koridor A dan B dengan masing–masing terdapat 8 jalur.

Setiap jalurnya anda akan dipandu dengan halte–halte yang akan anda lewati selama menaiki busway jalur tersebut.

Ketika anda memilih salah satu lokasi halte busway, anda akan diperlihatkan gambar statis dari Google Maps untuk lokasi halte yang anda pilih.Cukup membantu bagi anda yang ingin berkelana di ibukota dengan busway atau untuk para penumpang busway pada umumnya.

Aplikasi ini pun berintegrasi dengan aplikasi lokal lainnya yaitu BuUuk, aplikasi yang memandu anda untuk lokasi restoran di Jakarta. Aplikasi ini dapat anda unduh di Apple AppStore.

Kompas.com

Kompas merupakan salah satu koran nasional yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bersamaan dengan diluncurkannya iPhone di Indonesia, Kompas meluncurkan aplikasi web khusus untuk iPhone OS yang dapat diakses melalui MobileSafari dari iPhone / iPod touch anda.

Sehingga, anda dapat mendapat berita terkini dari Kompas langsung dari iPhone / iPod touch anda. Aplikasi web ini dapat diakses di http://m.kompas.com/iphone. Berdasarkan berita yang dilansir oleh Kompas, mereka akan meluncurkan aplikasi Kompas yang dapat diunduh nantinya di Apple AppStore.

Itulah 3 dari sekian aplikasi lokal yang disediakan untuk iPhone OS. Semoga dapat menjadi referensi aplikasi untuk iPhone anda.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest