Follow Us

5 Langkah Hidup Lebih Hijau Dengan Mac

Kuswanto - Jumat, 27 Maret 2009 | 08:59
5 Langkah Hidup Lebih Hijau Dengan Mac

Mulai tahun 2008, Apple di sorot dengan ketidakpeduliannya terhadap lingkungan oleh LSM lingkungan, Greenpeace. Berangsur-angsur Apple memperbaharui lini-lini produknya supaya lebih ramah lingkungan, dan pada tahun 2009 ini, produk Apple telah hijau. Tanggal 28 Maret adalah hari Bumi sedunia, sebagai pengguna Mac Anda bisa membuat Mac Anda bekerja lebih hijau.Berikut ini adalah 5 langkah yang bisa Anda tempuh dalam menghemat sumber daya listrik Mac Anda.

1. Gunakan Batere

Mayoritas pengguna Mac mempunyai MacBook/Pro. Apabila batterai sudah penuh, sebaiknya gunakanlah konsumsi batere laptop Anda. Dengan begitu penggunaan listrik menjadi lebih sedikit.

2. Gunakan alat-alat berkabel

Saya benci kabel yang seliweran. Tapi kalau menggunakan alat-alat nirkabel, akan menambah sampah yang tidak ramah lingkungan, yaitu betere keceil yang mengandung timbal. Yah, setidaknya kurangi penggunan keyboard atau mouse bluetooth. Apabila membeli alat bluetooth, carilah alat hanya menggunakan sedikit batere.

3. Gunakan screensaver warna hitam

Screensaver memang indah di panang (walaupun ada yang biasa saja), untuk menghemat energi, gunakanlah screensaver yang dominan berwarna hitam, atau warna hitam sama. Seperti screensaver yang satu ini, BlackOpveye. Alamat situs webnya.

4. Gunakan Energy Saver

Mac mempunyai fitur Energy Saver yang dapat diakses melalui System Preferences. Gunakan waktu yang singkat untuk membuat Mac Anda tertidur, baik sistemnya atau layarnya saja.

5. Hidupkan atau Matikan Mac secara otomatis

Mac juga dapat dimatikan atau hidup secara otomatis, apabila Anda berhenti bekerja pada jam 11 malam, dan mulai bekerja pada jam 8 pagi, Anda dapat mensetnya dengan menekan tombol Schedule… di pane Energy Saver.

Begitulah lima langkah sederhana yang dapat ditempuh pengguna Mac untuk mendukung hari Bumi. Apakah Anda mempunyai tambahan langkah lain? Silakan berbagi dengan kami dikomentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest