Follow Us

Multi Library iTunes

Kuswanto - Senin, 06 April 2009 | 09:26
Multi Library iTunes

iTunes yang awalnya hanya berfungsi sebagai pemutar musik dan aplikasi untuk singkronisasi iPod, saat ini sudah mempunyai fitur yang sangat banyak sekali. Seiring dengan bermaca-macam berkas yang dapat diputar di iTunes, ukuran Library iTunes-pun membesar. Karea itu beberapa pengguna menyimpan beberapa Library iTunes sekaligus untuk berbagai macam keperluan. Berikut ini adalah cara menjalankan beberapa iTunes Library.Bagi yang mempunyai ukuran hard disk yang kecil, dan tidak ingin ruang penyimpanan penuh karena musik, atau podcast. Anda bisa menyimpan Library yang penuh dengan PodCast di disk ekesternal, dan menyimpan Library lagu minimal untuk didengarkan sambil mobile.

Caranya mudah koq. Pertama-tama kita copy dulu folder iTunes yang ada di dalam folder Music di laptop Mac ke eksternal disk.

Setelah selesai tersalin, kita test terlebih dahulu apakah Library yang tadi disalin dapat dipakai oleh iTunes atau tidak. Ketika menekan icon iTunes di Dock, tekanlah tombol Option + Shift. Akan keluar sebuah jendela seperti ini.

Tekanlah tombol Choose Library…, dan bukalah folder Library iTunes yang telah disalin (yang ada di disk eksternal). Apabila tidak ada galat, artinya tidak ada masalah. Tutuplah iTunes.

Nah, sekarang Anda tahu, bagaimana caranya membuat iTunes bisa memilih Library lain selain Library yang ada di dalam folder Music.

Selanjutnya silakan hapus berkas music, podcast atau lainnya yang ada di dalam laptop Mac untuk menghemat tempat. Dengan memilih Library yang ada di laptop Mac, caranya sama dengan yang diatas.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest