Follow Us

Mempercepat Login Mac OS X

Kuswanto - Selasa, 14 April 2009 | 09:12
Mempercepat Login Mac OS X

Seiring dengan bertambahnya waktu dan berbarengan dengan aplikasi yang bertambah di Mac OS X. Mac OS X menjadi lebih lambat terutama pada saat log-in ke akun. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa aplikasi yang secara otomatis berjalan ketika kita log-in. Aplikasi tersebut ada yang bisa dikontrol melalu Preferences-nya ada juga yang tidak, tips berikut ini menunjukan dimana letak pengaturan aplikasi yang berjalan ketika log-in.Pengaturan tersebut ada di dalam System Preferences, jadi bukalah terlebih dahulu. Setelah terbuka masuk ke pane Accounts. Kemudian di dalam pane Accounts, Anda dapat menemukan tab Login Items. Di sinilah Anda dapat mengatur aplikasi yang jalan ketika Anda login.

Selain bisa mengurangi aplikasi yang jalan ketika login, Anda juga bisa menambahkan aplikasi. Misalnya menjalankan Mail.app ketika login.

Kolom hide di sini adalah untuk menyembunyikan aplikasi yang jalan ketika login. Dalam gambar di bawah ini saya menyembunyikan Skitch. Opsi ini berguna untuk menyembunyikan jendela aplikasi yang terbuka, apabila aplikasi yang ingin Anda jalankan berupa servis atau aplikasi yang berjalan di background, seperti halnya QuickSilver–tidak perlu di hide.

Ketika jumlah aplikasi yang terinstal di dalam Mac, apabila Anda tidak menyaring aplikasi yang menyala secara otomatis ketika login akan memperlambat waktu login Anda secara signifikan. Sebaiknya hanya menyalakan aplikasi yang paling sering atau pentig yang saja.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest