Follow Us

Bagaimana Screen Capture di Mac

Kuswanto - Selasa, 21 April 2009 | 12:39
Bagaimana Screen Capture di Mac

Teman-teman switcher saya yang baru saja berpindah ke Mac sering sekali bertanya mengenai bagiaman caranya menangkap layar (screen capture) di Mac. Karena di Mac tidak ada tombol Print Screen, sedangkan di PC mereka hanya menekan tombol tersebut. Berikut ini adalah tutorial dasar bagi pemula, menggunakan alat penangkap layar bawaan Mac.Pada kenyataannya Anda tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk menangkap layar, dan ada beberapa cara untuk melakukannya. Cara yang ditempuh bisa hanya menekan beberapa tombol atau menggunakan aplikasinya langsung. Mari kita bahas satu persatu.

Menggunakan Aplikasi Grab

Aplikasi Grab terdapat di dalam folder /Applications/Utillities. Ketika Anda membukanya, tidak akan melihat jendela apapun. Jangan heran, ya!

Cara kerja Grab sangatlah sederhana. Silakan klik menu Capture, Anda akan melihat tipe pilihan penangkapan layar serta tombol shortcut-nya.

Opsi yang tersedia adalah: Selection, memilih area tertentu yang akan. Window, menangkap jendela yang ada termasuk bayangannya. Screen, menangkap keseluruhan layar, apabila Anda menggunakan dua monitor maka kedua-duanya akan tertangkap. Timed Screen, penangkapan akan dilakukan dengan hitungan mundur, cocok untuk menangkap menu.

Menggunakan Preview

Preview merupakan aplikasi yang sangat berguna, bukan saja untuk melihat gambar atau PDF. Tapi bisa juga untuk menangkap layar yang tersedia melalui menu File > Grab.

Menggunakan shortcut

Cara ini adalah cara yang paling cepat, hasil tangkapan layar akan tersimpan di Desktop. Tombol shortcut-nya adalah:

⌘ + ⇧ + 3 = Screen⌘ + ⇧ + 4 = Selection⌘ + ⇧ + control + 3 = Screen ke clipboard⌘ + ⇧ + control + 4 = Selection ke clipboard

Gunakan Spacebar untuk menangkap jendela:⌘ + ⇧ + 4 berlaku juga untuk ⌘ + ⇧ + control + 4

Thanks Iang telah menambahkan tips Spacebar di atas.

Shortcut ke clipboard bisa di paste langsung ke aplikasi grafis, misalnya ke photoshop. Saya lebih suka menyimpannya ke clipboard, karena tidak memenuhi Desktop.

Tanpa aplikasi pihak ketigapun kita dapat menangkap layar. Terdapat banyak aplikasi penangkap layar pihak ketiga yang masing-masing mempunyai kelebihan. Akan saya coba rangkumkan di artikel yang akan datang.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest