Follow Us

Spotlight: Cairan keluar dari MacBook

Kuswanto - Sabtu, 02 Mei 2009 | 17:36
Spotlight: Cairan keluar dari MacBook

Pertanyaan Minggu ini berasal dari Satriandaru. Beliau mengeluhkan mengenai cairan yang keluar di bagian belakang MacBook tepatnya di bagian batere MacBook. Hal ini merupakan masalah yang cukup lama terjadi.

Pertanyaan

Hai, saya memakai Macbook hitam 2.4 Ghz. Untuk melindungi macbook saya, saya menggunakan incase hardshell dan memang sangat membantu saya dalam menjaga mac kesayangan ini.Namun saya mempunyai masalah, di bagian belakang, tepatnya di putaran untuk membuka baterai, kenapa keluar cairan seperti minyak?? Saya tidak tahu ini kenapa ini bisa terjadi, apa karena kepanasan atau apa?? Karena saya juga tidak tahu masalah ini keluar atau tidak ketika saya tidak menggunakan hardshell (tidak kelihatan karena bagian bawah bersentuhan terus dan saya menggunakan sleeve)

Apakah masalah keluar cairan ini normal??

Tentu saja cairan tersebut tidak normal. Mesin elektronik harus dalam keadaan kering, apabila keluar cairan bukanlah harl yang normal. Apalagi mengeluarkan bau tak sedap.

Yang keluar adalah thermal grease, yaitu sebuah pasta yang oleskan di atas chip untuk meredam panas. Pada beberapa MacBook putih atau hitam, mempunyai pasta yang belebihan. Karena Anda juga memakai pelindung tambahan yang memperangkap panas, menyebabkan MacBook menjadi panas berlebih, hal tersebut membuat pasta yang berlebih menjadi mencair, dan akhirnya merembes keluar.

Saran saya, segera bawa MacBook Anda ke Apple Service terdekat untuk di cek thermal paste-nya. Karena kalau tidak bisa berbahaya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest