Follow Us

Cara Memasang Dan Memakai Time Machine

Kuswanto - Kamis, 11 Juni 2009 | 09:45
Cara Memasang Dan Memakai Time Machine

Backup saat ini sudah menjadi keharusan, apalagi bagi para profesional dan freelancer. Ada banyak aplikasi back-up untuk Mac OS X, tapi bagi pengguna Leopard, Time Machine adalah sistem backup yang terintegrasikan langsung ke sistem dan kita tidak perlu membayar untuk memakainya. Tulisan ini merupakan tutorial lengkap mengenai cara memasang, memakai dan tips Time Machine.

Apa saja yang dibutuhkan?

Untuk memakai Time Machine, Anda membutuhkan hard disk yang ukurannya sama dengan atau lebih besar dengan ukuran hard disk internal Anda. Karena apabila lebih kecil, Anda harus memilih beberepa bagian saja, dan tidak dapat mem-bac-up keseluruhan sistem.

Koneksi hard disk bisa memakai Firewire atau USB. Kalau Anda mempunyai Time Capsule atau hard disk yang mempunyai koneksi WiFi bisa dipakai juga. Untuk tutorial ini saya akan membahas koneksi hard disk yang memakai kabel USB.

Menyiapkan hard disk

Ketika sebuah hard disk baru di colokan ke Mac, akan diminta apakah hard disk tersebut mau dipakai untuk Time Machine atau tidak.

Pertanyaan pertama, jadikan backup atau tidak

Apabila Anda memilih Cancel, maka hard disk tersebut akan bertindak seperti hard disk data biasa. Untuk memakainya sebagai hard disk Time Machine klik tombol Use as Backup Disk.

Selanjutnya akan muncul preference Time Machine, preference ini terdapat di System Preference.

Preference Time Machine

Selanjutnya Time Machine akan melakukan backup pertama kali yang akan memakan waktu tergantung dari besarnya hard disk. Untuk yang memakai Firewire, waktu backup akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan USB. Pastikan laptop Anda terhubung ke listrik.

Mengatur folder backup

Apabila besarnya hard disk Time Machine lebih besar atau sama dengan besarnya hard disk internal maka Anda tidak perlu pusing mengatur folder mana saja yang tidak akan di backup. Tapi kalau Anda ingin mengaturnya, silakan buka Time Machine preference di System Preference. Kliklah tombol Option.

Masukan folder untuk di black list

Perlu di perhatikan, yang Anda tambahkan ke sini adalah folder yang tidak akan di backup oleh Time Machine, bukan folder yang dibackup, dalam istilah lainnya “black list”. Dari gambar di atas saya tidak menambahkan apapun, karena ukuran hard disk Time Machine saya lebih besar.

Editor : Kuswanto

Latest