Follow Us

Perbaharui iPhone anda dengan iPhone OS 3.0!

Fauzan Alfi - Kamis, 18 Juni 2009 | 10:01
Perbaharui iPhone anda dengan iPhone OS 3.0!

Setelah menunggu lama, akhirnya Apple merilis update terbesar untuk iPhone dan iPod touch, iPhone OS 3.0. Sebelumnya, iPhone OS 3.0 diperkenalkan Maret 2009 yang lalu dengan berbagai fitur–fitur yang diidam–idamkan oleh para pengguna iPhone. Lalu, Apple membahasnya kembali di WWDC 2009 bersama dengan diperkenalkannya iPhone 3GS. Di sini, kami akan memandu anda untuk memperbaharui iPhone / iPod touch anda menjadi OS 3.0 baik iPhone 2G maupun 3G.

Cara otomatis (melalui iTunes) :

  1. Pasangkan iTunes 8.2 di Mac / PC anda.
  2. Hubungkan iPhone / iPod touch ke Mac / PC anda.
  3. Tunggu hingga proses sinkronisasi anda selesai. Jangan dihentikan karena proses ini akan mem-backup semua data anda termasuk SMS dari iPhone anda.
  4. Pada Devices, pilih iPhone / iPod touch anda (Contoh : Steve’s iPhone)
  5. Tekan tombol Update / Check for Update. Maka, iTunes akan mengunduh secara otomatis OS 3.0. Tetapi, untuk pengguna iPod touch, anda diharuskan membeli OS 3.0 seharga $9.95 di iTunes Store.
  6. Setelah proses unduh selesai, maka iTunes akan melakukan proses pembaharuan. Hal ini memakan waktu 10-15 menit.
  7. Setelah proses instalasi selesai, iPhone / iPod touch anda akan di-restart.
  8. Untuk pengguna iPhone 3G Telkomsel, dalam beberapa kasus, iPhone anda akan meminta aktivasi ulang melalui iTunes setelah di-restart.
  9. Selamat menikmati iPhone OS 3.0 !
iPhone OS 3.0 pada iPhone 3G Telkomsel

Cara manual :

Perbedaannya dengan prosedur di atas, bahwa anda mengunduh terlebih dahulu iPhone OS 3.0 sebelum dipasang di iPhone / iPod touch anda. Anda dapat mengunduhnya di tautan berikut ini :iPhone OS 3.0 untuk iPhone 2GiPhone OS 3.0 untuk iPhone 3GiPhone OS 3.0 untuk iPhone 3GSiPhone OS 3.0 untuk iPod touch generasi pertama iPhone OS 3.0 untuk iPod touch generasi kedua

Pilih iPhone OS nya!

Lalu, lakukan prosedur yang sama dengan cara umum hanya pada langkah ke-5, tekan dan tahan tombol Option (Mac) atau Shift (PC) lalu tekan tombol Check for Update. Maka muncul jendela baru.

Pilih OS 3.0 yang sudah diunduh sebelumnya. Lalu, pilih Open. Maka, iPhone / iPod touch anda diperbaharui.

Setelah proses pembaharuan, semua aplikasi hasil proses jailbreak, seperti Cydia, akan hilang.

Catatan untuk iPhone 2G :

Untuk pengguna iPhone 2G, anda harus menggunakan iPhone OS 2.2.1 yang sudah di-unlock menggunakan Pwnage Tool, bukan dengan QuickPWN. Hal ini dilakukan agar setelah iPhone anda diperbaharui, iPhone tidak terkunci kembali dan dapat digunakan. Bila tidak, iPhone anda akan terkunci selamanya atau hingga Pwnage Tool untuk iPhone OS 3.0 dirilis.

Sekian tutorial pembaharuan iPhone anda menjadi iPhone OS 3.0. Selanjutnya, kami akan membahas lebih lanjut fitur–fitur dalam iPhone OS 3.0


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest