Follow Us

Seting IMAP Mail.app dengan Gmail

Kuswanto - Senin, 10 Agustus 2009 | 09:08
Seting IMAP Mail.app dengan Gmail

Tulisan ini merupakan tulisan lanjutan dari tutorial berseri mengenai penggunaan Mail.app. Tulisan sebelumnya saya menjabarkan bagaimana memakai protokol POP3 GMail dengan Mail.app. Kali ini kita akan membahas mengenai protokol IMAP, beserta penjelasan sedikit mengenai IMAP.

Aktifkan IMAP GMail

Sebelum mengatur Mail.app, Anda harus mengaktifkan IMAP di GMail terlebih dahulu, mirip dengan POP. Masuklah ke seting Forwarding and POP/IMAP, kemudian aktifkan pilihan Enable IMAP.

Aktifkan IMAP Gmail

Kemudian klik tombol Save Changes. Bagian pengaturan di GMail sudah selesai selanjutnya ke bagian Mail.app. Tapi sebelum itu mari kita bahas apa bedanya POP3 dengan IMAP.

Apa itu IMAP?

IMAP (Internet Mail Access Protocol) adalah sebuah protokol email yang memungkinkan data email Anda di simpan di server secara remote kemudian bisa di akses oleh aplikasi email secara offline ataupun online. Artinya, data-data seperti folder, penandaan “flag” bisa disimpan di server Gmail. Tidak seperti di POP, semua data email di simpan di komputer Anda. Karena data disimpan di server, apabila Anda mempunyai beberapa alat yang mengunduh email ke akun yang sama, maka semua alat Anda akan mendapatkan data email yang sama.

Supaya lebih mudah saya ilustrasikan, di iMac saya mengecek email pekerjaan, kemudian saya mereply dan menandai dengan “flag” melalui Mail.app. Ketika saya pulang kerumah, saya cek di MacBook menggunakan Thunderbid, email tersebut akan mempunyai data telah direply dan ditandai juga. Apabila saya cek di web GMail, maka email tersebut juga telah ditandai dengan reply dan bintang.

Apakah IMAP cocok untuk saya?

IMAP cocok bagi orang yang mempunyai lebih dari satu alat, dan sering berpergian, atau sering gonta-ganti aplikasi email. Karena semua data akan disimpan di server.

IMAP tidak cocok bagi Anda yang mempunyai ruang kuota email yang sedikit. Misalnya hosting Anda hanya memberikan 10MB per akun email, tentu saja 10MB sangatlah kurang. Dan, juga tidak cocok bagi Anda yang mempunyai layanan internet berkuota atau kecepatan lambat, karena IMAP akan terus singkronisasi secara berkala antara klien email dengan server.

Menambahkan akun GMail ke Mail.app

Bukalah Mail.app dan masuk ke Preference, kemudian di tab Account, klik tombol (+) di sebelah kiri bawah. Akan terbuka jendela pop-up seting akun seperti tutorial POP sebelumnya.

Pertama-tama masukan nama, alamat email GMail Anda dan passwordnya. Jangan di centrang bagian “Automatically set up account“, kalau di centrang langkah selanjutnya akan dilakukan secara otomatis.

Langakah 1. Masukan informasi email

Langkah selanjutnya adalah memasukan informasi server IMAP. Berikan deskrispi nama email yang Anda pakai. Gunakan imap.gmail.com untuk Incoming Mail Server. Username dan password sesuai dengan akun GMail Anda.

Editor : Kuswanto

Latest