Follow Us

Review: Game iPhone FieldRunner

Kuswanto - Kamis, 13 Agustus 2009 | 09:03
Review: Game iPhone FieldRunner

Dari sekian banyak game tower-defense di App Store, yang paling populer adalah FieldRunner. Beberapa hari ini, saya sedikit kecanduan memainkannya. Mudah-mudahan, candunya tidak bertambah banyak. Gamenya seperti apa sih?

Cara main

Cara mainnya sangat sederhana, Anda harus memasang senjata di lapangan untuk menghadang pasukan musuh memasuki benteng Anda. Pasukan musuh terdiri dari tentara, tank, helikopter sampai ke javelin besar yang sangat susah di hancurkan. Setiap kali Anda menghancurkan musuh, Anda akan mendapatkan uang. Senjata dibeli dengan uang. Pengaturan biaya perang sangat berperan.

Sibuk, efek yang dihasilkan sangat luar biasa

Akhirnya menang juga setelah setengah jam main

Setiap senjata mempunyai keunikan tersendiri. Masing-masing senjata mempunyai kelebihan dan kekurangannya, misalnya senjata senapan mesin dan pelempar api efektip terhadap serdadu, tapi tidak effektip terhadap tank. Senjata-senjata tersebut dapat di upgrade sampai 3 level.

Level

Terdapat 3 buah level, masing-masing level terbagi menjadi 3 mode dan 3 tingkat kesulitan. Mode game inilah yang membuat ketagihan, pada saat pertama kali memainkannya hanya tersedia mode Classic, apabila Anda memenangkan suatu Map sampai ronde 100 maka kedua mode selanjutnya akan terbuka. Apabila menamatkan 50 ronde peta ke-2 dan ke-3 akan terbuka.

Kelemahan

Kelemahan atas kontrol yang mengandalkan sentuhan terjadi ketika ingin upgrade senjata apabila di peta sudah saling tumpuk. Apabila jari Anda cukup jumbo maka kemungkinan besar harus zoom in terlebih dahulu untuk upgrade.

Tidak adanya fitur mematikan music dan suara efek membuatnya boros batere. Walaupun Anda bisa menurunkan volume secara manual, tapi alangkah baiknya kalau ada opsi mematikan suara. Pengaturan  suara serta opsi lainnya dapat diatur di dalam Settings.

Saya sedikit kecewa dengan tidak adanya server High Score. Kalau fitur ini ada, setiap pemain Fieldrunner dapat saling berkompetisi.

Jumlah peta yang hanya 3, gak jelas apakah bakal ada peta baru atau tidak. Hanya 3 peta terasa kurang menggoda.

Kesimpulan

Fieldrunner merupakan game yang cocok untuk mengisi atau membuang waktu. Anda dapat menghentikan game yang sedang berjalan untuk dilanjutkan dilain waktu. Dengan begitu game bisa dimainkan sambil menunggu bis lewat.

Fieldrunner yang dibandrol dengan harga $2.99, harga yang sangat murah untuk sebuah game berkualitas.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest