Follow Us

Menyimpan Video dari YouTube ke iTunes

Felix Widjaja - Rabu, 02 September 2009 | 13:14
Menyimpan Video dari YouTube ke iTunes

Menonton video menarik di YouTube terkadang kurang afdol bila hanya menyimpan alamat URL-nya saja (bookmark). Untuk menonton video YouTube –berlaku juga untuk web layanan video online lainnya, dan terbebas dari proses menunggu, sangatlah mungkin dilakukan. Plus kemudahan menontonnya dari iTunes.

Berikut langkah-langkahnya. Sebagian dari proses ini menggunakan browser Mozilla Firefox.

  1. Pertama-tama install add-ons Video Search and Downloader atau disebut Clipta untuk browser Mozilla Firefox ini. Pastinya ada banyak add-ons penyimpan video YouTube ke komputer untuk Firefox, tapi Clipta cukup mumpuni dan bisa berjalan di sistem operasi Mac dengan baik.
  2. Kunjungi video YouTube Anda menggunakan browser Firefox.
  3. Lalu, pada papan Clipta, akan tertera X videos captured (otomatis dideteksi, tunggu sebentar atau refresh apabila belum muncul)
  4. Kliklah tombol nomor 2, kemudian jendela baru Clipta akan keluar. Tekanlah button Download pada video yang sesuai.
  5. Bukalah hasil download pada #3 dengan QuickTime Player. Bila QuickTime Player Anda tidak bisa memainkan file video berekstensi .flv tersebut, coba install Perian (gratis) terlebih dahulu.
  6. Di QuickTime, pilih aksi Export di File > Export.
  7. Jendela Export akan keluar, pastikan Anda memilih jenis hasil export: MPEG-4.
  8. Sudah slesai! Drag video hasil export tersebut ke iTunes, dan mulailah menambahkan seluruh koleksi video favorit Anda dari YouTube.
Contoh koleksi beberapa video dari YouTube

Semoga tutorial kali ini membantu. Anda punya tips lain mengunduh video dari YouTube, silakan berbagi dengan kami di komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Felix Widjaja

Latest