Follow Us

Kabar-Kabar Menjelang WWDC 2010

Fauzan Alfi - Senin, 07 Juni 2010 | 13:35
Kabar-Kabar Menjelang WWDC 2010

Sudah menjadi hajat tahunan, Apple kembali mengadakan kembali Worldwide Developer Conference 2010, sebuah hajatan untuk pengembang aplikasi untuk platform Apple terbesar dan paling ditunggu-tunggu, baik oleh para pengembang dan para konsumen, dimulai pada malam ini jam 24.00 WIB. Mengapa? Sudah menjadi tradisi, di mana ada hajatan Apple, disitu Apple akan ‘memberikan’ sesuatu yang baru. Entah itu sebuah produk, seperti Mac atau iPhone, bahkan layanan, seperti iTunes Store atau MobileMe. Lalu, apa yang sekiranya akan Apple suguhkan untuk WWDC tahun ini?

iPhone OS 4

Pada bulan April kemarin, Steve Jobs memperkenalkan iPhone OS 4, pembaharuan sistem operasi iPhone selanjutnya, yang direncanakan akan dirilis pada musim panas tahun ini. Steve mengungkapkan ada 100 fitur baru yang dapat dinikmati oleh para pengguna iPhone dari iPhone OS 4 ini dan ia mengungkap tujuh fitur utama dari 100 yang ada. Di antaranya adalah :

  • Multitasking : Pengguna dapat menjalankan dua aplikasi atau lebih secara bersamaan tanpa menutup aplikasi tersebut, seperti multitasking pada umumnya.
  • Folders : Pengguna dapat mengorganisir aplikasi-aplikasi yang ada ke dalam sebuah folder.
  • Mail : Peningkatan pada aplikasi Mail, seperti penyatuan kotak masuk, pemasangan lebih dari satu akun Microsoft Exchange dan pembukaan attachment dengan aplikasi yang ada.
  • iBooks : Kini, iBooks tersedia di iPhone setelah sebelumnya telah ada di iPad.
  • Enterprise : Untuk lingkungan enterprise, iPhone OS 4 akan mendukung beberapa fitur seperti SSL VPN dari Juniper/Cisco dan Exchange Server 2010
  • Game Center : Fitur ini menyerupai XBox Live atau OpenFeint dimana kita bisa mencatat skor dari game yang kita mainkan lalu diperingkatkan dengan pemain lainnya.
  • iAd : Ini adalah ‘lahan emas’ terbaru dari Apple. Pihak pengiklan bisa memasang iklan disini dengan konsep berbeda, menggabungkan antara interaksi pengguna dengan emotion yang sama seperti iklan pada TV.
iPhone OS 4.0 hanya akan tersedia bagi pengguna iPhone 3GS, iPhone 3G, iPod touch 2G dan 3G. Bagi anda pengguna iPhone 2G dan iPod touch 1G, Apple tidak akan mendukungnya, sehingga OS terakhir yang anda dapat nikmati hanya sampai OS 3.1.3.

iPhone 4G / iPhone HD

Credit : Gizmodo.com

WWDC sudah menjadi saat dimana Apple meluncurkan seri terbaru dari iPhone. Hal ini sudah dilakukan sejak peluncuran iPhone 3G pada WWDC 2008 dan iPhone 3GS pada WWDC 2009. Menurut kabar yang beredar di internet, iPhone selanjutnya disebut iPhone HD atau iPhone 4G. Belum dipastikan jika 4G yang dimaksud itu adalah jaringan selular berbasis 4G atau hanya sekedar tanda generasi ke-4. Rupa dari iPhone terbaru ini bahkan sudah terbongkar oleh sebuah situs teknologi yaitu Gizmodo, dimana mereka mendapat ‘prototipe’ dari iPhone terbaru tersebut dari seseorang yang menemukannya di sebuah bar. Setelah diselidik, ternyata iPhone prototipe itu adalah milik seorang karyawan Apple. Hingga saat ini, pihak polisi setempat masih menyelidiki lebih jauh tentang kasus ini.

Safari 5

Dikabarkan juga, Apple akan merilis versi selanjutnya dari Safari, penjelajah internet berbasis Webkit-nya, menuju versi 5. Berdasarkan rincian yang terkuak, Safari 5 memiliki fitur antara lain Safari Reader, dukungan HTML5 yang diperkuat, Private Browsing dan menambahkan opsi Bing pada mesin pencari pada Safari disamping sudah ada Google dan Yahoo.

Mac OS X 10.6.4 & 10.7

Selain Safari, dikabarkan pula bahwa pada saat bersamaan, Apple akan merilis update terbaru dari Mac OS X Snow Leopard (10.6) yaitu versi 10.6.4. Hal ini dikarenakan Safari 5 membutuhkan sistem yang berjalan minimal pada Mac OS X 10.6.4. Lalu, berhembus juga kabar bahwa Apple akan memperkenalkan sedikit tentang Mac OS versi selanjutnya yaitu Mac OS 10.7. Belum ada kabar apa nama selanjutnya dari Mac OS X 10.7 setelah sebelumnya, 10.6 diberi nama Snow Leopard.

MobileMe menjadi gratis!

Layanan MobileMe dikabarkan akan diperbaharui rincian langganannya, dimana salah satunya ada paket MobileMe yang gratis, tanpa dipungut biaya sepersen pun, saat WWDC 2010 berlangsung. Hal ini dikarenakan beberapa pelanggan MobileMe mendapati statusnya sebagai ‘Full Member’ setelah sebelumnya hanya ada status ‘Individual’ atau ‘Family Member’.

Kabar lainnya.

Disamping kabar-kabar di atas, berikut kabar-kabar kecil yang juga berhembus :

  • Mac mini dan Macbook Air akan diperbaharui.
  • Apple TV akan diperbaharui secara total dan menggunakan iPhone OS dalam pengoperasiannya.
Bagi anda yang ingin mengetahui secara langsung apa yang akan diumumkan pada Apple WWDC 2010, anda bisa mengikuti berbagai liveblog di situs-situs tertentu atau mengikuti Twitter kami untuk mendapat berita terbarunya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest