Follow Us

Membuat kartu MicroSIM dengan biaya murah meriah

Kuswanto - Senin, 19 Juli 2010 | 12:47
Membuat kartu MicroSIM dengan biaya murah meriah

Saat ini operator GSM yang mengaku sudah mengeluarkan Micro SIM card untuk iPad atau iPhone 4 adalah XL dan Telkomsel. Tapi MicroSIM yang dikeluarkan oleh mereka diharuskan berlangganan bulanan dan biayanya cukup menguras dompet. Saya lebih suka mengatur pemakaian sendiri dengan berlangganan secara manual. Berikut ini adalah trick membuat MicroSIM beserta cara berlangganan internet memakai kartu AXIS dengan anggaran kurang dari dua puluh rima ribu rupiah.

Bahan dan Alat

Hal yang perlu Anda cari adalah kartu perdana AXIS yang hampir kadaluarsa. Harganya murah meriha, saya mendapatkannya hanya Rp1.000/keping. Sebaiknya beli dua keping untuk cadangan apabila ketika memotong terjadi kesalahan. Aktivasi kartu Anda dulu sebelum dipotong-potong.

Alat yang diperlukan adalah cutter, penggaris besi, gunting yang agak besar dan selotip.

Jangan lupa iPad 3G-nya.

Membuat MicroSIM

Yang diperlukan selain benda nyata di atas adalah template MicroSIM yang bisa diunduh dari sini.

Print PDF tersebut dalam ukuran 100%. Pastikan templatenya sama persis ukurannya dengan SIMCard, kalau tidak sama artinya pada waktu print tidak 100%.

Berdasarkan template tersebut, buatlah tanda di kartu SIM dengan menggoresnya menggunakan cutter atau memakai spidol. Saya lebih menyukai cutter, karena bisa menoreh yang nantinya diteruskan oleh gunting.

Kalau Anda merasa ragu-ragu, gunting sedikit demi sedikit pinggiran SIM yang sampai pas ke container MicroSIM iPad.

Aktivasi kartu

Prose berlangganan internet sebenarnya bisa dilakukan ketika kartu SIM masih utuh. Saya lakukan setelah proses pemotongan karena menghindari hangusnya kartu tesebut kalau kalau saya gagal ketika membuat MicroSIM.

Kartu MicroSIM jauh lebih kecil, kalau Anda masukan ke handphone biasa akan amblas dan susah dikeluarkan. Nah, di sini fungsinya selotip. Gunakan selotip yang tidak gampang putus, tapi tetap tipis dan gampang lepas. Tempelkan selotip ke bagian atas MicroSIM (gadungan) Anda, potong selotipnya lebih panjang sekitar 2-3cm dari ukuran MicroSIM.

Dorong MicroSIM sampai menyentuh ujung bagian belakang, hati-hati jangan sampai selotipnya lepas. Kalau lepas MicroSIM akan susah di keluarkan.

Halaman Selanjutnya


1 2

Editor : Kuswanto

Latest