Follow Us

Tutorial Jailbreak iPhone 3G dengan iOS 4.1 (Update!)

Fauzan Alfi - Senin, 20 September 2010 | 06:58
Tutorial Jailbreak iPhone 3G dengan iOS 4.1 (Update!)

Seminggu yang lalu, Apple merilis pembaharuan terbaru dari iOS, yaitu versi iOS 4.1, dengan berbagai macam fitur terbaru, seperti Game Center. Seperti sebelumnya, ada iOS baru, pasti ada jailbreaknya. Namun, hingga saat ini, belum ada satu pun software resmi yang bisa men-jailbreak semua jenis iPhone. Tapi, kami berhasil mendapatkan cara untuk men-jailbreak iPhone 3G saja (untuk sementara). dan iPod touch 2G (non-MC) !

iPhone 3G : Apa yang dibutuhkan?

  • iPhone Firmware Update 4.1. untuk iPhone 3G. (link)
  • Pwnage Tools 4.0.1 Mac yang sudah dimodifikasi. (link)
  • iTunes 10.

Mari kita mulai …

  1. Pastikan anda sudah memiliki iTunes 10, koneksi internet dan iPhone 3G anda sudah di-backup sebelumnya!
  2. Luncurkan Pwnage Tools yang sudah dimodifikasi (selanjutnya disebut PwnMod).
  3. Apabila muncul tulisan ” You don’t appear to have ….” dan “Copyright 2010 …”, cukup klik OK Kemudian di ujung kiri atas, pilih ‘Expert Mode’
  4. Pilih iPhone 3G. Kemudian tekan tombol panah kanan.
  5. PwnMod akan mencari firmware update yang dibutuhkan. Tunggu sebentar, bila sudah muncul, pilih iPhone1,2_4.1_8B117. Kemudian tombol panah kanan.
  6. Selanjutnya, pilih General. Anda akan dihadapi beberapa pilihan. Apabila :
    • iPhone 3G anda termasuk SU (Software Unlock), maka yang HANYA anda centang adalah ‘Activate the phone’.
    • iPhone 3G anda termasuk FU (Factory Unlock) / iPhone 3G dari Telkomsel, maka yang HANYA anda centang adalah ‘Enable baseband update’.
    • Apabila anda ingin iPhone 3G memiliki kapabilitas multitasking, homescreen wallpaper, silakan centang juga ‘Re-enable functionality’.
  7. Kemudian pilih tombol panah kanan.
  8. Selanjutnya, pilih ‘Download packages’ pada layar Cydia Settings. Pada ‘Source’ pilih http://apt.saurik.com/dist/…. . Kemudian, tekan Refresh. Tunggu hingga sebuah list.
  9. Pilih dan klik dua kali ‘Cydia Installer, OpenSSH dan OpenSSL’. Tunggu hingga proses ‘downloading’ semuanya selesai.
  10. Pilih ‘Selected Packages’. Centang ‘Cydia Installer, OpenSSH dan OpenSSL’. Kemudian, pilih tombol panah kanan. Di bagian ‘Custom Packages Settings’, pilih lagi tombol panah kanan.
  11. Di bagian ‘Custom Logo Settings’, anda bisa mengubah logo Apple menjadi logo yang lainnya. Bila anda tidak mau, cukup jangan dicentang keduanya. Lalu, pilih panah kanan biru lagi.
  12. Pilih Build dan tekan tombol panah kanan biru. Kemudian, tentukan di direktori manakah ‘custom firmware’ ini akan disimpan. Supaya mudah, cukup disimpan di Desktop.
  13. Tunggu sebentar. PwnMod akan merakit ulang firmware untuk anda. Apabila anda diminta kata sandi, cukup masukkan kata sandi dari Mac anda.
  14. Bila sudah berhasil, ikuti petunjuk yang ada pada layar supaya iPhone 3G anda masuk ke DFU mode.
  15. Lalu, buka iTunes 10. Pilih iPhone 3G anda, kemudian tekan + tahan Option dan klik ‘Restore’. Pilih file .ipsw hasil dari PwnMod sebelumnya. Pilih OK.
  16. iTunes akan merestore iPhone 3G anda ke versi iOS 4.1 yang sudah dimodifikasi. Karena memakan waktu yang cukup lama, anda bisa makan cemilan atau nonton TV atau menyelesaikan kerja anda. :D
  17. Setelah 15-30 menit kemudian, iPhone 3G anda berhasil di-jailbreak!

iPod touch 2G : Update!

Kini anda dapat men-jailbreak iPhone 3G dan iPod touch 2G anda dengan menggunakan redsn0w 0.9.6b1. (Mac :Â link) Untuk menggunakannya, silakan gunakan cara yang sama dengan tutorial ini.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest