Follow Us

Kenapa Harus Jailbreak?

Kuswanto - Kamis, 14 Oktober 2010 | 12:20
Kenapa Harus Jailbreak?

Setiap kali ada pemutakhiran iOS, para pengguna iPhone, iPod touch dan iPad banyak yang menunggu sampai jailbreak tersedia. Padahal proses jailbreak tidaklah gampang bahkan bisa membuat perangkat tidak bisa digunakan lagi atau jailbreak bisa menghapuskan garansi perangkat. Jadi, kenapa masih pada ingin jailbreak?

Berikut ini alasan utama kenapa harus jailbreak.

Unlock

Bagi yang membeli iPhone dari pasar gelap yang SU (Software Unlock), proses unlock tidak dapat dihindari. Untuk unlock, iPhone harus di jailbreak terlebih dahulu, setelah itu memasang aplikasi unlock yang tersedia dari Cydia. Unlock tidak diperlukan apabila Anda mempunyai iPhone FU (Factory Unlock), misalnya iPhone 3Gs resmi dari Telkomsel.

Memberikan tema baru

Secara bawaan iOS tidak mempunyai dukungan theme. Setelah jailbreak, Anda bisa memakai aplikasi SnowBoard untuk mengganti icon aplikasi, tamiplan keyboard, lock screen dan mengganti grafis-grafis lainnya, sehingga memberikan tampilan yang unik sesuai yang diinginkan.

Aplikasi pihak ketiga selain Apps Store

Ketika selesai jailbreak, akan terpasang aplikasi Cydia. Yaitu sumber -aplikasi-aplikasi yang ada semenjak iphone generasi pertama. Di dalam Cydia anda bisa menambahkan aplikasi lain atau aplikasi yang bisa menambahkan fitur baru di iOS.

Jumlah aplikasi di Cydia sangat banyak, tapi tampilanya yang buruk membuatnya sangat susah mencari aplikasi yang bagus.

Kontrol penuh terhadap iOS

Dengan aplikasi tambahan yang didapatkan dari Cydia, Anda bisa menambahkan kontrol tambahan yang mempermudah dan meningkatkan serta mempercepat alur kerja dalam penggunaan iOS.

Contoh aplikasi control yang bagus adalah SBSettings, dengan ini Anda mempunyai langkah pintas untuk mematikan WiFi, BlueTooth, atau paket data tanpa perlu membuka Settings.

Dengan Jailbreak, Anda juga bisa membuka sistem berkas iPhone menggunakan SSH untuk proses hacking. Anda bisa memasang server HTTP untuk pengembangan proyek, atau hanya transfer ringtone atau file baru ke iPhone.

Bajakan

Tidak disangkal lagi kalau Indonesia merupakan sebuah negara yang tingkat pembajakannya tinggi. Menurut survey PERC, indonesia mendapatkan nilai 8.5 dari 10, nilainya semakin besar semakin buruk, mengalahkan Vietnam yang hanya bertaut 0.1 point saja. Dilaporkan kalau 50% dari aplikasi iPad adalah bajakan, lebih buruk dari pembajakan aplikasi iPhone dan iPod Touch.

Tidak aneh juga, kalau Jailbreak ditunggu-tunggu supaya bisa memakai aplikasi bajakan yang bisa di unduh secara gratis tanpa harus beli dari Apps Store. Jangan nanya tentag bagaimana caranya, silakan cari sendiri.

Masa sih, beli aplikasi seharga $0.99 gak mampu, kalau beli iPhone sampai Rp7 juta mampu sih.

Sebutkan alasan Anda?

Masih banyak alasan yang lebih tereperinci dari semua yang saya tulis di atas. Sekarang bagian Anda para jailbreakers untuk memberikan alasan yang lebih detil dan terperinci. Silakan di utarakan di komen, dan ajak teman-teman yang lain untuk jailbreak iPhone, iPod touch serta iPadnya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest